Up a level |
Humairoh and Faiqoh, Arina and Hendra, Faisal (2018) Motivasi mahasiswa dalam belajar Bahasa Arab antara harapan dan tantangan: studi kasus mahasiswa prodi Sastra Arab, Universitas Al Azhar Indonesia. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab IV (4). pp. 378-387. ISSN 2597-5242
Azzahra, Siti Fatimah and Hizbullah, Nur and Suryaningsih, Iin (2020) Penyusunan kamus kedokteran Arab – Indonesia dengan pendekatan linguistik korpus. Tsaqofiya: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 2 (2). pp. 60-66. ISSN 2685-7103
Corinna, Dwi Felita and Rembulan, Intan and Hendra, Faisal (2020) Problematika pembelajaran Bahasa Arab secara daring studi kasus: mahasiswa program studi Bahasa dan Kebudayaan Arab Universitas Al-Azhar Indonesia. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI (6). pp. 569-578. ISSN 2957-5242
Hendra, Faisal (2016) الوسائل التعليمية المستخدمة في تعليم مهارة الكلام والقراءة اللغة العربية في الجامعات الأندونيسية (مشاكل التي تواجحها والحلول منها). Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab (PINBA) X. pp. 913-940. ISSN 2528-4592
Hendra, Faisal (2018) Inovasi dalam pengembangan teknik pengajaran kemahiran berbicara Bahasa Arab berbasis metodologi di perguruan tinggi (الابتكارات في تطوير أساليب تدريس مهارة الكلام القائمة على الطرق التعليمية في الجامعات الأندونيسية). Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab (PINBA) XI. pp. 235-244. ISSN 2621-9387
Hendra, Faisal (2012) Kompetensi metodologis dosen Fakultas Sastra Universitas Al Azhar Indonesia dalam pengajaran kemahiran berbahasa asing. Jurnal Al-Azhar Indonesia: Seri Humaniora, 1 (4). pp. 257-266. ISSN 2356-0215
Hendra, Faisal (2015) طرق التعليم اللغة العربية في جامعات الأندونيسية (دراسة تحليلية عن تطوير طرق تعليم اللغة العربية للمعلم والمتعلم) = Metodelogi pengajaran kemahiran berbahasa Arab di perguruan tinggi indonesia: pengembangan metodologi dan teknik pengajaran bahasa Arab untuk dosen dan mahasiswa. Proceedings of the International Conference of Arabic Language, 2. pp. 623-636. ISSN 2460-7398
Hendra, Faisal (2018) Peran organisasi mahasiswa dalam pengajaran kemahiran Bahasa Arab di perguruan tinggi. Arabiyat, 5 (1). pp. 103-120. ISSN 2442-9473
Hendra, Faisal (2013) Persepsi mahasiswa terhadap proses pembelajaran kemahiran bahasa: mata kuliah Kemahiran Bahasa Arab di Program Studi Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Al Azhar Indonesia. Jurnal Al-Azhar Indonesia: Seri Humaniora, 2 (1). pp. 66-86. ISSN 2356-0215
Hendra, Faisal (2016) Persepsi mahasiswa terhadap proses pembelajaran kemahiran bahasa: mata kuliah percakapan di empat program studi, Fakultas Sastra, Universitas Al Azhar Indonesia. Jurnal Al-Azhar Indonesia: Seri Humaniora, 3 (4). pp. 297-309. ISSN 2356-0215
Hendra, Faisal and Zulkarnaen (2016) Belajar kemahiran berbahasa asing mahasiswa Fakultas Sastra melalui aktifitas dan program kerja organisasi kemahasiswaan: studi analisis program kerja organisasi mahasiswa. Jurnal Al-Azhar Indonesia: Seri Humaniora, 3 (4). pp. 283-296. ISSN 2356-0215
Hendra, Faisal and Dewi, Sari Tukma (2012) Kurikulum Fakultas Sastra Universitas Al Azhar Indonesia: kesesuaian antara kurikulum yang diajarkan dengan pekerjaan yang ditekuni. Jurnal Al-Azhar: Seri Humaniora, 1 (3). pp. 189-200. ISSN 2356-0215
Hendra, Faisal and Laura, Hanady Martha (2019) Pengaruh spiritual quotient dan emotional quotient dalam proses belajar Bahasa Arab. Multaqa Nasional Bahasa Arab II, 2 (1). pp. 27-38.
Hendra, Faisal and Rembulan, Intan (2019) Peran pimpinan universitas dalam meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Arab: studi kasus di Universitas Al Azhar Indonesia. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab (PINBA) XII. pp. 27-38. ISSN 2621-9387
Hendra, Faisal and Rufaidah, Mujahidah Fharieza (2021) Compiling vocabulary lists for corpus-based Arabic for tourism teaching. Arabiyat, 8 (1). pp. 90-105. ISSN 2442-9473
Hizbullah, Nur and Arifa, Zakiyah and Suryadarma, Yoke and Hidayat, Ferry and Muhyiddin, Luthfi and Firmansyah, Eka Kurnia (2020) Source-based Arabic language learning: a corpus linguistic approach. Humanities & Social Sciences Reviews, 8 (3). pp. 940-954. ISSN 2395-6518
Hizbullah, Nur and Suryaningsih, Iin and Mardiah, Zaqiatul (2019) Manuskrip Arab di nusantara dalam tinjauan linguistik korpus. Arabi: Journal of Arabic Studies, 4 (1). pp. 65-74. ISSN 2548-6624
Kania, Mila Dewi and Muhammad, Safira and Lutfianti, Astrid and Hendra, Faisal (2019) Penggunaan media sosial dalam pembelajaran kemahiran membaca Bahasa Arab. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab (PINBA) XII. pp. 591-602. ISSN 2621-9387
Mardiah, Zaqiatul and Hizbullah, Nur and Niswah, Awaliyah Ainun (2020) Blocking and extended exponence of suffix pronouns in Arabic perfective verb conjugation. International Review of Humanities Studies, 5 (2). pp. 730-745. ISSN 2477-6866
Mardiah, Zaqiatul and Muta'ali, Abdul and Rachman, Fazlur (2019) A realization of optimality theory to Arabic hollow verb. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 254. pp. 234-239. ISSN 2352-5398
Mardiah, Zaqiatul and Wastono, Afdol Tharik and Muta'ali, Abdul (2019) A cognitive perspective on the Arabic spatial noun/ فَوْقَ /fawqa/ applying the principle polysemy model. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya, 9 (2). pp. 154-166. ISSN 2503-0868
Pramesthi, Adhelia Refita and Humairoh and Hendra, Faisal (2018) Problematika yang dihadapi mahasiswa dalam belajar kemahiran berbicara Bahasa Arab di perguruan tinggi (الإشكاليات التي تواجه الطلاب عند تعلم مهارة التحدث باللغة العربية في الجامعات الإندونيسية وحلولها). Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab (PINBA) XI. pp. 183-192. ISSN 2621-9387
Pramesthi, Adhelia Refita and Nashfati, Nurfajrina and Hendra, Faisal (2018) Teman sebagai bagian dari alat bantu dalam pembelajaran kemahiran berbicara Bahasa Arab, antara harapan dan tantangan. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab IV (4). pp. 176-185. ISSN 2597-5242
Rufaidah, Mujahidah Fharieza and Laura, Hanady Martha and Hendra, Faisal (2020) Penggunaan channel Telegram dan grup Whatsapp dalam pembelajaran tata Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI (6). pp. 390-404. ISSN 2957-5242
Salshabila, Nurazizah and Nadhifa, Vina and Hendra, Faisal (2020) Tantangan dalam pembelajaran kemahiran berbahasa Arab secara online mahasiswa prodi Bahasa Dan Kebudayaan Arab Universitas Al Azhar Indonesia (التحديات التي يواجهها الطلاب قسم اللغة والثقافة العربية بجامعة الأزهر الإندونيسيا في تعلم مهارات اللغوية عبر الإنترنت). Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI (6). pp. 492-506. ISSN 2957-5242
Satirah, Rifa and Nadhifa, Vina and Hendra, Faisal (2019) Arah baru pengembangan pembelajaran Bahasa Arab di perguruan tinggi Indonesia bagi anak milenial. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab (PINBA) XII. pp. 463-470. ISSN 2621-9387
Hendra, Faisal (2015) Pembelajaran bahasa arab di universitas-universitas Indonesia, antara kenyataan dan pengembangan ke depan: problematika yang dihadapi dan solusinya ke depan. In: Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab (PINBA) IX. UIN-Maliki Press, Malang, pp. 1476-1484. ISBN 978-602-1190-50-0
Hendra, Faisal (2012) دور معاهد الأسلامية في تعليم اللغة العربية على الأساس تطبيق المنهج المدرسي في أندونيسيا / Pondok pesantren: peran dan fungsinya dalam pembelajaran bahasa Arab berbasis kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di Indonesia. In: Prosiding Seminar Internasional Bahasa Arab: Revitalisasi Bahasa Arab sebagai Pilar Peradaban Prospek Bahasa Arab di Era Globalisasi antara Optimisme dan Pesimisme. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, pp. 784-790. ISBN 978-602-8033-47-3
Hendra, Faisal (2017) Problematika pengajaran bahasa Arab di perguruan tinggi Indonesia: kajian pengembangan kompetensi dosen dalam mengajar kemahiran berbahasa. In: اتجاهات اللغة العربية في العصر الرقمي : تعليميا وأدبيا وبرمجيا. LP3M Press Kampus Terpadu UMY, Yogyakarta, pp. 508-517. ISBN 978-602-7577-99-2
Hendra, Faisal and Hizbullah, Nur (2016) Peningkatan standarisasi kompetensi mengajar dosen bahasa Arab di perguruan tinggi Indonesia: kajian kompetensi mengajar dan aturan penerimaan dosen. In: Prosiding: Pembelajaran Bahasa & Sastra Arab dan Nilai-Nilai Islam: Harapan dan Kenyataan. Royyan Press, Bandung, pp. 183-207. ISBN 978-602-8841-XX-X
Hizbullah, Nur and Hendra, Faisal (2015) Model pelatihan Bahasa Arab di bidang penerbangan: pengalaman Universitas Al-Azhar Indonesia. In: Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab I. Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, Malang, pp. 288-298. ISBN 9789794958131
Hizbullah, Nur and Mardiah, Zaqiatul and Hendra, Faisal and Muklis, Abdul Hafiz Muhammad (2022) Pengenalan metode semantik leksikal dan kontekstual dalam pemahaman kosakata Al-Quran. In: Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat 2022 (Sendamas22). UAI Press, Jakarta, pp. 41-50. ISBN 978-623-97616-5-3
Hizbullah, Nur (2022) Korpus untuk riset dan pembelajaran. In: Workshop Aplikasi Korpus: Perencanaan Riset dan Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Korpus Bagi Dosen, 18-19 Juli 2022, Bandar Lampung.
Suryaningsih, Iin (2020) Patriotis agamawan dalam manuskrip Singir ber-aksara Pegon: bukti adanya mediasi Arab, Islam dan Jawa. In: Annual International Symposium on Arabic Language, Culture and Literature (AISALL) 2020, 4 November 2020, Banten. (Unpublished)
Suryaningsih, Iin (2018) Kajian puisi dan prosa Arab. UAI Press, Jakarta. ISBN 9786025116940
Suryaningsih, Iin and Sugito, Mohamad Shofin (2022) Mengkaji karya sastra arab dengan teori kritik yang aplikatif. Idea Press, Yogyakarta. ISBN 978-623-484-008-7
UAI, FIB (2020) Surat tugas no. 045e/ST/F-04/UAI/XI/2020. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UAI, Jakarta. (Unpublished)
UAI, FIB (2022) Surat tugas no. 049/ST/F-04/UAI/XII/2022. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UAI, Jakarta. (Unpublished)