Problematika pengajaran bahasa Arab di perguruan tinggi Indonesia: kajian pengembangan kompetensi dosen dalam mengajar kemahiran berbahasa

Hendra, Faisal (2017) Problematika pengajaran bahasa Arab di perguruan tinggi Indonesia: kajian pengembangan kompetensi dosen dalam mengajar kemahiran berbahasa. In: اتجاهات اللغة العربية في العصر الرقمي : تعليميا وأدبيا وبرمجيا. LP3M Press Kampus Terpadu UMY, Yogyakarta, pp. 508-517. ISBN 978-602-7577-99-2

[img] Text (Cover)
ILS0118-21_Halaman-Awal.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text (Table of Content)
ILS0118-21_Daftar-Isi.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (Article's Content)
ILS0118-21_Isi-Artikel.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (Plagiarism Check)
ILS0118-21_Cek-Turnitin.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)
Official URL: https://pba.umy.ac.id/icat/

Abstract

Makalah ini berbicara tentang kajian problematika yang dihadapi oleh pengajar bahasa Arab di perguruan tinggi Indonesia, baik mengajar bahasa Arab di program studi pendidikan bahasa Arab (PBA), ataupun mengajar bahasa Arab di program studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) di universitas yang ada dibawah Kemenag RI maupun Kemristek Dikti. Setidaknya ada lima problem besar dalam pengajaran bahasa Arab di perguruan tinggi Indonesia, diantaranya: problem dalam menentukan dan mencapai tujuan pembelajaran, problem dalam penggunaan bahan ajar, problem dalam metodologi dan teknik pengajaran, yang didalamnya ada dosen dan mahasiswa, problem dalam penggunaan alat bantu pengajaran dan terakhir problem dalam pelaksanaan teknik evaluasi pengajaran. Pada makalah ini peneliti membatasi permasalahan hanya kepada problematika dosen pengajar kemahiran berbahasa Arab, yang dibagi kepada dua pendekatan, pertama: problematika dosen pengajar bahasa Arab itu sendiri, terkait dengan kompetensi yang dimiliki, teknik, metodologi dan kreatifitas pengajar dalam mengajar kemahiran berbahasa Arab, dan pendekatan kedua: problemati yang dihadapi oleh dosen ketika berinteraksi dengan para mahasiswa, yang berasal dari latar belakang pendidikan menengah atas yang berbeda, ada yang berasal dari pesantren berbasis agama dan bahasa Arab, ada yang berasal dari madrasah aliyah yang pembelajaran bahasa Arab nya dengan waktu yang terbatas, dan ada yang benar-benar belum memiliki latar belakang kemampuan bahasa Arab, akan tetapi dikelas mereka semua digabung menjadi satu. Setelah mengeksplor beberapa problematika yang dihadapi, dibagian akhir penulis datang dengan usulan untuk keluar dari problematika yang dihadapi para pengajar. Berharap rekomendasi atau saran ini bisa dijadikan pertimbangan untuk peningkatan kemampuan dosen pengajaran bahasa Arab di perguruan tinggi Indonesia kedepannya.

Item Type: Book Section
Additional Information: Turnitin's similarity index result was checked based on rules stated in "Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Akademik/Pangkat Dosen" (http://lldikti12.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2019/03/PO-PAK-2019_MULAI-BERLAKU-APRIL-2019.pdf) pp. 23-25
Uncontrolled Keywords: arabic language, college students, language skills, teaching problems
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher Education, Universities
400 Language > 490 Other languages > 492 Semitic Afro-Asiatic languages > 492.7 Arabic and Maltese languages
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) > Sastra Arab
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 04 Sep 2021 13:15
Last Modified: 05 Sep 2021 08:09
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1668

Actions (login required)

View Item View Item