Nuraini, Irma and Samiono, Bambang Eko (2022) Peningkatan pengetahuan digital marketing UMKM warga Rawa Badak melalui aplikasi Instagram. In: Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat 2022 (Sendamas22). UAI Press, Jakarta, pp. 114-119. ISBN 978-623-97616-5-3
Text (Article's Content)
ILS0063-22_Isi-Artikel.pdf - Published Version Download (251kB) |
|
Text (Cover, Preface, Table of Contents)
ILS0063-22_Halaman-Awal.pdf - Published Version Download (468kB) |
|
Text (Full Proceeding)
ILS0063-22_Full-Prosiding.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (18MB) |
Abstract
Digital marketing adalah salah satu cara untuk mempromosikan dan menjual produk yang dilakukan melalui media internet. Manfaat yang didapat bagi para mitra UMKM dengan adanya digital marketing adalah menjangkau lebih banyak konsumen dari semua wilayah yang terkoneksi dengan internet. Permasalahan yang ada pada mitra UMKM di Kelurahan Rawa Badak mereka kesulitan untuk berkembang karena kurangnya pemahaman mengenai digital marketing dalam mempromosikan produknya secara online. Melihat permasalahan yang dihadapi oleh para mitra UMKM, solusi yang diberikan oleh tim KKN berupa materi ataupun edukasi mengenai manfaat digital marketing dan cara mempromosikan produk secara online melalui aplikasi instagram. Mitra UMKM yang ada Kelurahan Rawa Badak Utara menjual mulai dari junk food, healty food, cemilan ringan, makanan berat dan minuman. Selain itu, ada beberapa mitra yang menjual beberapa bahan pokok makanan. Jumlah mitra UMKM yang ikut serta dalam program KKN ini ada 11 UMKM. Pelatihan yang diberikan oleh tim KKN berupa pemaparan presentasi power point lalu sesi tanya jawab mengenai materi yang sudah diberikan. Mengenai evaluasi yang sudah dilakukan adanya peningkatan usaha 50% oleh para mitra UMKM di Kelurahan Rawa Badak dan mitra UMKM tersebut sangat antusias oleh materi mengenai digital marketing sebagai media pemasaran secara online untuk meningkatkan penjualan mereka.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Additional Information: | Artikel ini terdapat dalam prosiding dari "Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat 2022 (Sendamas22)" yang terselenggara pada tanggal 08 Maret 2022 pukul 08.30-16.00 WIB di Jakarta. |
Uncontrolled Keywords: | digital marketing; instagram; small and medium enterprises |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics 300 Social sciences > 380 Commerce, communications & transportation 600 Applied sciences & technology > 650 Management & public relations > 658 General Management |
Divisions: | Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen |
Depositing User: | Rifda Jilan |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 01:48 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 03:27 |
URI: | http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1851 |
Actions (login required)
View Item |