Preposisi spasial “pada” dalam tinjauan semantik kognitif

Mardiah, Zaqiatul and Muta'ali, Abdul (2019) Preposisi spasial “pada” dalam tinjauan semantik kognitif. 2019: Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII. pp. 991-998. ISSN 2655-1780

[img] Text
ILS0037-20.pdf - Published Version

Download (186kB)
Official URL: http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/a...

Abstract

Sebagai sebuah preposisi, “pada” mengekspresikan makna yang merelasikan sebuah entitas berada di atas, menuju ke arah entitas lain. Dalam tinjauan semantik kognitif yang berbasis pada linguistik korpus, leksem spasial “pada” tidak hanya memiliki muatan relasi bangun ruang yang menempatkan sebuah objek bertumpu pada objek lain. Preposisi spasial tersebut dapat pula, bahkan banyak digunakan untuk hubungan yang tidak bersifat bangun ruang. Dengan memanfaatkan data bahasa Indonesia dari leipzig corpora (https://corpora.uni-leipzig.de/en?corpusId=ind_mixed_2013), dan mengandalkan perspektif linguistik kognitif dari Tyler dan Evans (2003), khususnya tentang extended sense dari sebuah partikel spasial, kajian ini hendak mengungkap penggunaan preposisi “pada” yang lebih banyak menyatakan makna perluasan yang bersifat relasi nonspasial, seperti makna temporal, makna sandaran, dan makna orientasi. Namun demikian, setiap makna perluasan yang muncul, selalu saja memiliki muatan makna inti yang ada pada relasi spasial, yaitu menuju ke arah atau melekat pada, sehingga memperlihatkan pola relasi makna polisemis yang bertumpu pada makna inti atau makna primer.

Item Type: Article
Additional Information: Prosiding Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII
Uncontrolled Keywords: Preposisi Spasial, Polisemi, Relasi Spasial, Semantik Kognitif
Subjects: 400 Language > 400 Language
400 Language > 410 Linguistics
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) > Sastra Arab
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 26 Aug 2020 08:31
Last Modified: 26 Aug 2020 08:31
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1426

Actions (login required)

View Item View Item