Perlindungan Hukum Pengguna Jasa Layanan Parkir (Studi Putusan Nomor: 2902/K/Pdt/2011)

Kinalungan, Galih Aji (2017) Perlindungan Hukum Pengguna Jasa Layanan Parkir (Studi Putusan Nomor: 2902/K/Pdt/2011). Diploma thesis, Universitas Al Azhar Indonesia.

[img] Text (UAI) - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (0B)
Official URL: http://perpustakaan.uai.ac.id/index.php/cari/detai...

Abstract

Penelitian ini menganalisa Perlindungan Hukum Pengguna Jasa Layanan Parkir yang menggunakan studi putusan Nomor: 2902/K/Pdt/2011. Yang menjadi pokok permasalahan dalam penulisan penelitian ini adalah pertama, Bagaimana Perlindungan hukum bagi pengguna jasa layanan parkir. Kedua, Apakah pertimbangan hakim Mahkamah Agung dalam putusan Nomor : 2902 K/Pdt/2011 telah sesuai dengan ketentuan Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.Penulisan skripsi ini menggunakan metodologi penelitian Yuridis Normatif. Pendek atan yuridis normatif yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder sebagai bahan dasar untuk diteliti dengan cara mengadakan penelusuran terhadap peraturan-peraturan dan literatur-literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Perlindungan hukum yang dikemukakan oleh Fitzgerald.Hasil dari penelitian ini adalah, Pertama, dasar dari putusan Kasasi Mahkamah Agung Nomor 2902 K/Pdt/2011, Majelis Hakim Agung menyatakan tergugat telah terbukti lalai atau kurang hati-hati sehingga menciderai hak penggugat untuk mendapatkan kemanan dalam menggunakan jasa tergugat. Kedua, dengan Putusan Kasasi Mahkamah Agung Nomor 2902 K/Pdt/2011 , Majelis Hakim Agung memutuskan untuk memenangkan Ir. Vovo Budiman selaku Pihak Penggugat yang secara nyata telah menggunakan jasa layanan parkir, yang tercantum pada putusan Mahkamah Agung Nomor : 2902 K/Pdt/2011 dan kesimpulan dari pembahasan diatas terhadap putusan Kasasi Mahkamah Agung Nomor 2902 K/Pdt/2011 bahwa, pertimbangan majelis hakim dalam memutuskan PT DINAMIKA MITRA PRATAMA telah lalai dalam memberikan perlindungan konsumen sesuai dengan ketentuan Undang Undang Nomor 8 tahun 2009 tentang Perlindungan Konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Identifier : HE 17 029 Language : Indonesia Copyright : Attribution 4.0. International
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 343 Military, defense, public property, public finance, tax, commerce (trade), industrial law
Library of Congress Subject Areas > Skripsi
Library of Congress Subject Areas > Skripsi

Library of Congress Subject Areas > Law
Library of Congress Subject Areas > Consumer protection--Law and legislation
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Hukum (FH) > Hukum Ekonomi Teknologi
Depositing User: Rahman Pujianto
Date Deposited: 19 Jul 2018 05:08
Last Modified: 23 Apr 2020 16:46
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/766

Actions (login required)

View Item View Item