Perlindungan konsumen atas pelayanan PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi akibat kenaikan tarif air minum

Nurani, Nindia (2015) Perlindungan konsumen atas pelayanan PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi akibat kenaikan tarif air minum. Diploma thesis, Universitas Al Azhar Indonesia.

[img] Text (UAI) - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (0B)
Official URL: http://perpustakaan.uai.ac.id/index.php/cari/detai...

Abstract

Dengan adanya penelitian ini, yang menjadi pokok permasalahan ialah apakah peraturan daerah tentang PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, Apakah layanan PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi telah memenuhi hak-hak konsumen, serta apakah kenaikan tarif air PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi mempengaruhi layanan perusahaan yang melanggar hak-hak konsumen. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah peraturan daerah tentang pendirian PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi sudah memenuhi peraturan yang berlaku atau belum, untuk mengetahui apakah pelayanan PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi sudah memenuhi hak-hak konsumen secara normatif dan untuk mengetahui apakah kenaikan tarif air minum mempengaruhi pelayanan serta mengetahui pemenuhan hak konsumen secara empiris. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis-empiris yaitu teknik pengumpulan data melalui metode wawancara yang berhubungan dengan masalah yang menjadi pokok pembahasan dalam skripsi ini. Untuk menjawab permasalahan tersebut digunakan data primer, yaitu data yang diperoleh dengan cara wawancara terhadap 20 (dua puluh) orang konsumen, serta data sekunder. Adapun metode analisis yang digunakan adalah metode kualitatif, sebagai metode untuk menganalisis data agar diperoleh hasil yang bersifat deskriptif. Adapun hasil penelitian ini menjelaskan bahwa peraturan daerah Nomor Peraturan Daerah Tingkat II Bekasi Nomor 2 Tahun 1992 tetang pembentukan PDAM Tirta Bhagasasi belum sesuai dengan ketentuan yang berlaku, secara normatif pelayanan yang disediakan PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi telah memenuhi hak-hak konsumen sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dan kebijakan kenaikan tarif air tidak mempengaruhi pelayanan dan secara empiris pelayanan PDAM Tirta Bhgasasi Bekasi belum memenuhi hak-hak konsumen. Hal ini diketahui dengan kontuinitas air yang tidak dijamin selama 24 jam, pengaduan pelanggan yang belum baik dan lambat serta kualitas air yang tidak memenuhi syarat ketentuan yang berlaku yaitu Permenkes Nomor 492 Tahun 2010

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Identifier : HE 15 267 Language : Indonesia Copyright : Attribution 4.0. International
Subjects: Library of Congress Subject Areas > Skripsi
Library of Congress Subject Areas > Skripsi

Library of Congress Subject Areas > Law
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Hukum (FH) > Hukum Ekonomi Teknologi
Depositing User: Rahman Pujianto
Date Deposited: 19 Jul 2018 05:06
Last Modified: 15 Apr 2020 02:16
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/699

Actions (login required)

View Item View Item