Nurhasanah, Nunung and Nurlina, Siti and Nugroho, Tri (2017) Simulasi FlexSIM untuk optimasi sistem antrian poli umum rawat jalan Rumah Sakit X. Jurnal Ilmiah Teknik Industri (Jurnal Keilmuan Teknik dan Manajemen Industri), 3 (2). pp. 69-75. ISSN 2355-6528
Text (Article's Content)
ILS0109-23_Isi-Artikel.pdf - Published Version Download (316kB) |
|
Text (Plagiarism Check)
ILS0109-23_Cek-Turnitin.pdf - Supplemental Material Download (1MB) |
Abstract
Kualitas suatu rumah sakit selain ditentukan oleh tingkat keahlian dokter yang dimiliki, sarana dan prasarana pendukung yang berkualitas juga ditentukan oleh sistem antrian yang terjadi di dalam rumah sakit tersebut. Jika tingkat kedatangan dan tingkat pelayanan yang diberikan kepada pasien tidak seimbang akan menyebabkan ketidakpuasaan bagi pasien dan kerugian bagi rumah sakit karena pasien cenderung beralih ke rumah sakit yang memiliki tingkat pelayanan yang lebih optimal. Pada penelitian ini, simulasi dilakukan khusus pada sistem antrian Dokter Poli Umum rawat jalan. Pada penelitian ini dinyatakan bahwa semua pasien yang datang melakukan layanan mulai dari registrasi hingga pengambilan obat ke apotek RSX. Tujuan umum dari penelitian adalah meningkatkan kualitas pelayanan di poli umum rawat jalan RSX. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah: (1) menentukan jumlah optimum pasien yang dapat dilayani oleh dokter umum di antrian poli umum, dan (2) lamanya waktu tunggu yang harus dilalui pasien pada antrian rawat jalan di RSX berdasarkan software Flexsim. Jumlah optimum pasien yang dapat dilayani dalam 1 hari adalah 16 pasien, dengan kondisi 1 orang pasien tidak dapat terlayani. Oleh sebab itu, dinyatakan bahwa terdapat 17 pasien yang masuk dalam sistem antrian poli umum rawat jalan. Sistem antrian yang terjadi adalah pasien masuk dalam sistem antrian diawali di bagian registrasi, ruang tunggu dokter, dilayani dokter umum, apotek, ruang tunggu, menerima obat dan meninggalkan sistem antrian. Lamanya waktu tunggu untuk sistem antrian ini adalah 107,18 menit atau selama 1,78 jam.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | TURNITIN's similarity index result was checked based on rules stated in "Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Akademik/Pangkat Dosen" (http://lldikti12.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2019/03/PO-PAK-2019_MULAI-BERLAKU-APRIL-2019.pdf) pp. 23-25. |
Uncontrolled Keywords: | Queue System, Waiting Time, Simulation |
Subjects: | 600 Applied sciences & technology > 620 Engineering > 621 Applied Physics 600 Applied sciences & technology > 650 Management & public relations > 658 General Management |
Depositing User: | Rifda Jilan |
Date Deposited: | 07 Apr 2023 06:10 |
Last Modified: | 02 May 2023 07:17 |
URI: | http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/2158 |
Actions (login required)
View Item |