Personal branding mom-influencer dan representasi ibu millenial di media sosial

Arindita, Ruvira (2019) Personal branding mom-influencer dan representasi ibu millenial di media sosial. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi WACANA, 18 (1). pp. 11-24. ISSN 2598-7402

[img] Text (Article's Content)
ILS0105-22_Isi-Artikel.pdf - Published Version

Download (896kB)
[img] Archive (Peer Review)
ILS0105-22_Penilaian-Sejawat_Ruvira Arindita.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)
[img] Text (Plagiarism Check)
ILS0105-22_Cek-Turnitin.pdf - Supplemental Material

Download (3MB)
Official URL: https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/ar...

Abstract

Maraknya kemunculan para ibu yang menjadi social media influencer (mom influencer) telah menjadi tren baru yang diikuti oleh para ibu millennial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana personal branding sosok mom influencer sebagai representasi ibu millennial di media sosial. Konsep-konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebelas personal branding otentik dari Rampersad dan teori representasi dari Stuart Hall. Peneliti menggunakan metode kualitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi terhadap akun Instagram @tanyalarasati. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sosok mom influencer telah menggunakan kesebelas kriteria dan menekankan pada konsep konsistensi, perbedaan, niat baik dan performa. Ia memegang nilai-nilai kekeluargaan sekaligus sangat menunjukkan nilai-nilai individualisme dan konsumerisme. Representasi ibu milenial yang ingin ia sampaikan melalui akun instagramnya adalah bahwa setelah seseorang menjadi ibu, ia tetap dapat mengejar mimpi pribadinya dengan bekerja sama dan tetap berkomitmen dengan keluarganya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: personal branding; representation; mom influencer; millenial moms
Subjects: 300 Social sciences > 300 Social sciences, sociology & anthropology
300 Social sciences > 300 Social sciences, sociology & anthropology > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
300 Social sciences > 380 Commerce, communications & transportation > 384 Communications (Telemunications)
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Anita Perpustakaan UAI
Date Deposited: 07 Jul 2022 15:04
Last Modified: 29 Mar 2023 09:59
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1857

Actions (login required)

View Item View Item