Mailani, Liana and Bustan, Radhiya and Novianti, Marsella (2022) Brain gym untuk menurunkan tingkat kejenuhan (Burnout) dalam pembelajaran daring pada remaja di Ciliwung. In: Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat 2022 (Sendamas22). UAI Press, Jakarta, pp. 36-40. ISBN 978-623-97616-5-3
Text (Article's Content)
ILS0050-22_Isi-Artikel.pdf - Published Version Download (259kB) |
|
Text (Cover, Preface, Table of Contents)
ILS0050-22_Halaman-Awal.pdf - Published Version Download (468kB) |
|
Text (Full Proceeding)
ILS0050-22_Full-Prosiding.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (18MB) |
Abstract
Pandemi Covid-19 memberikan dampak kepada masyarakat dari sisi kesehatan, ekonomi, pendidikkan dan lainny, Kondisi ini diharapkan masyarakat dapat cepat beradaptasi. Salah satu dampak dari segi pendidikkan berimbas kepada pelajar dan mengakibatkan adanya program pembelajaran online. pembelajaran online diharapkan dapat memberikan pembelajaran yang efektif pada kondisi pandami, menjadi tantangan tersendiri bagi pelajar. Banyak keluhan bahwa sistem pembelajaran online mengakibatkan pelajar menjadi merasa tertekan, stres, sulit fokus dan jenuh terhadap belajar. Keluhan lainnya berasal dari eksternal yaitu adanya jaringan yang lambat, sulit mengerti materi pelajaran, kesulitan komunikasi, hingga akhirnya menyebabkan hilangnya minat dan motivasi belajar pada pelajar yang akan berpengaruh terhadap prestasi belajar, mereka karena munculnya kejenuhan (Burnout). Untuk membantu pelajar yang merasakan hal demikian, maka team abdimas melakukan senam otak (Brain Gym) dengan tujuan agar pelajar mendapatkan pengetahuan tambahan mengenai Burnout terutama cara-cara dalam mengatasi Burnout. pelatihan senam otak ini dilakukan secara online melalui video dan eflyer senam otak dengan sasaran peserta yaitu remaja pada komunitas Mat Peci. Pelaksanaan kegiataini menunjukan hasil yang positif, yaitu terdapat pengurangan kejenuhan (Burnout) pada remaja yang melakukan kegiatan sekolah daring.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Additional Information: | Artikel ini terdapat dalam prosiding dari "Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat 2022 (Sendamas22)" yang terselenggara pada tanggal 08 Maret 2022 pukul 08.30-16.00 WIB di Jakarta. |
Uncontrolled Keywords: | online learning; burnout; brain gym |
Subjects: | 100 Philosophy & psychology > 150 Psychology > 158 Applied Psychology 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Psikologi dan Pendidikan (FPP) > Psikologi |
Depositing User: | Rifda Jilan |
Date Deposited: | 03 Jul 2022 23:59 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 02:58 |
URI: | http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1838 |
Actions (login required)
View Item |