Telaah semiokognitif video penembakan teroris di Mesjid Christchurch, Selandia Baru

Muwaffaq, Thafhan (2019) Telaah semiokognitif video penembakan teroris di Mesjid Christchurch, Selandia Baru. Jurnal Magister Ilmu Hukum, 4 (2). pp. 11-20. ISSN 2548-7884

[img] Image (Cover & Table and Contents)
ILS0042-22_Halaman-Awal.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Article's Content)
ILS0042-22_Isi-Artikel.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Archive (Peer Review)
ILS0042-22_Penilaian-Sejawat.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)
Official URL: https://jurnal.uai.ac.id/index.php/JMIH/article/vi...

Abstract

Semiotik kognitif film berasumsi bahwa film merupakan media komunikasi dan memiliki tujuh tingkat realitas. Saya tidak akan menyebutkan seluruhnya, sementara berfokus pada dua tingkat terdalam yakni realitas spektatorial dan realitas kreasional, yang dibangun oleh representasi pada film. Setidaknya ada tiga jenis informasi langsung yang diresepsi penonton yakni; visual, auditorial, dan kinestetik yang merepresentasikan kejadian secara langsung. Informasi auditorial juga tersedia dalam video, walaupun terbatas pula karena unsur teknis pengambilan adegan tidak didukung peralatan mumpuni dan terencana sebagaimana film dalam industri. Memang hanya dua senjata yang nampak digunakan pada video, dan jerigen yang dapat digunakan sebagai peledak sempat dipegang walaupun tak digunakan pula. video berunsur provokatif si teroris Brenton Tarrant sangat memungkinkan memperkuat motif apapun dalam kelompok yang berseberangan untuk melakukan tindak terorisme balasan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: semiotcs; terrorism
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications & transportation > 384 Communications (Telemunications)
400 Language > 410 Linguistics
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) > Sastra Inggris
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 08 Apr 2022 02:42
Last Modified: 08 Apr 2022 02:42
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1823

Actions (login required)

View Item View Item