Opini pengunjung Dieng culture festival tentang destinasi pariwisata Dieng

Sunuantari, Manik (2019) Opini pengunjung Dieng culture festival tentang destinasi pariwisata Dieng. The Source: Jurnal Komunikasi, 1 (1). pp. 86-99. ISSN 2621-2242

[img] Text (Article's Content)
ILS0212-21_Isi-Artikel.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Article's Content)
ILS0212-21_Isi-Artikel.pdf - Draft Version
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text (Plagiarism Check)
ILS0212-21_Cek-Turnitin.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)
[img] Archive (Peer Review)
ILS0212-21_Penilaian-Sejawat.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)
Official URL: http://jurnal.usahid.ac.id/index.php/ilmu_komunika...

Abstract

Dalam rangka meningkatkan jumlah wisatawan datang ke Indonesia, maka pemerintah dalam hal ini Kementrian Pariwisata beserta Pemerintah Daerah harus melakukan berbagai strategi untuk menarik wisatawan datang mengunjungi destinasi pariwisata yang ada di seluruh Indonesia. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pokdarwis Pandawa Dieng adalah menyelenggarakan kegiatan Dieng Culture Festival (DCF) untuk menarik wisatawan luar dan domestik mengunjungi Dieng. Penelitian ini menggunakan model komunikasi AIDA, yaitu attentianjnterest, desire, action. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, sampel yang yang diambil sebanyak 97 responden, dengan kriteria pengunjung DC F yang membeli tiket masuk penyelenggaraan DCF, yaitu yang menonton seluruh rangkaian acara DCF. Lokasi Penelitian di dataran tinggi Dieng Jawa Tengah yang terletak antara Wonosobo dan Banjarnegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengeloaan destinasi wisata Dieng dinilai baik oleh pengunjung DCF Peneitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan evaluasi dalam penyelenggaraan DCF tahun berikutnya, sehingga tahun yang akan datang akan memberikan konsep aktivitas yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: DCF; AIDA; Pokdarwis
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production, Industrial Economics
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 16 Nov 2021 05:19
Last Modified: 02 Feb 2022 11:24
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1762

Actions (login required)

View Item View Item