Komunikasi kreatif dan hoaks di masa pandemi = Creative communication and hoax in the pandemic era

Gunawan, Imsar and Sunuantari, Manik (2021) Komunikasi kreatif dan hoaks di masa pandemi = Creative communication and hoax in the pandemic era. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (1). pp. 1-10. ISSN 2776-3765

[img] Image (Cover & Table of Contents)
ILS0210-21_Halaman-Awal.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text (Full Journal)
ILS0210-21_Jurnal.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text (Article's Content)
ILS0210-21_Isi-Artikel.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (Plagiarism Check)
ILS0210-21_Cek-Turnitin.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)
Official URL: https://ejournal.pskp.or.id/index.php/jpm/article/...

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat (PKM) ini dilaksanakan untuk berbagi informasi dengan para santri Darul Qur’an Mulia terkait belajar komunikasi yang kreatif di tengah pandemi covid-19. Proses belajar komunikasi ini mengandalkan media digital sebagai platform untuk berkomunikasi dengan berbagai pihak sebagai salah satu inovasi komunikasi. Ditengah pandemi covid-19 ini, mensyaratkan untuk semua aktifitas belajar-mengajar dilakukan secara daring. Untuk itu, perlu dilakukan pengenalan proses komunikasi yang kreatif dengan memanfaatkan media digital. Terutama bagi kalangan millenial, belajar yang menarik adalah belajar dengan pendekatan digital. Bagi kalangan millenial dan generasi Z (Gen Z), media digital menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kesehariannya;. Untuk itu, perlu dilakukan pendekatan-pendekatan yang kreatif dalam proses berbagi informasi dengan mereka. Santri mampu membedakan berita yang benar dan berita palsu (hoax), bahkan santri dapat berpikir kritis untuk selalu melakukan verifikasi terhadap setiap informasi yang diterima. Penyampaian pesan komunikasi yang dilakukan secara monolog membuat mereka merasa tidak menarik dan membosankan. Secara umum, kesimpulan dari webinar yang dilakukan memberikan pengetahuan dan wawasan baru bagi para santri bahwa media digital tidak lagi dipandang sebagai sesuatu yang mengantarkan pesan semata, namun juga dapat digunakan untuk sebagai identitas untuk menciptakan karya-karya yang dapat memudahkan orang lain dalam menjalani kehidupan sehari-harinya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: digital media; hoax; innovation
Subjects: 000 Computer science, information & general works > 000 Computer Science, Information, General Works > 001 Knowledge
300 Social sciences > 300 Social sciences, sociology & anthropology > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
300 Social sciences > 380 Commerce, communications & transportation > 384 Communications (Telemunications)
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 16 Nov 2021 04:13
Last Modified: 18 Nov 2021 07:10
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1760

Actions (login required)

View Item View Item