Ulum, Bahrul and Purnama, Tata Septayuda and Harahapst, Elsa Nadia (2021) Dampak matakuliah pendidikan agama islam terhadap etika akademik: studi atas mahasiswa Universitas Al-Azhar Indonesia. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12 (1). pp. 47-66. ISSN 2528-2476
Text (Article's Content)
ILS0167-21_Isi-Artikel.pdf - Published Version Download (448kB) |
|
Archive (Peer Review)
ILS0167-21-Penilaian-Sejawat_Bahrul-Ulum.pdf - Supplemental Material Download (842kB) |
Abstract
Revolusi Industri 4.0 dapat dipastikan akan mengubah pola fikir dan prilaku generasi milenial termasuk di antaranya mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dampak dari pendidikan agama terhadap prilaku atau etika akademik mahasiswa di lingkungan kampus UAI. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif, karena peneliti ingin mendapat gambaran yang jelas dan akurat mengenai materi atau fenomena yang diselidiki secara ilmiah. Dari hasil penelitian terhadap lima aspek etika akademik sebagai indikator keberhasilan pembelajaran matakuliah PAI, dapat diketahui bahwa Pendidikan Agama Islam mempunyai dampak terhadap pembentukan akhlak, hal ini terlihat pada tingkat kepatuhan mahasiswa UAI terhadap etika akademik yang sangat baik, dan hanya ada satu aspek saja yang memerlukan perhatian dan pengawasan yaitu aspek tidak melakukan pemalsuan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | akhlaq, islamic behavior, islamic education, industrial revolution |
Subjects: | 200 Religion > 2X0 Islam > 2X5 Ethics (Akhlaq & Sufism) 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher Education, Universities |
Depositing User: | Rifda Jilan |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 03:12 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 11:12 |
URI: | http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1717 |
Actions (login required)
View Item |