طرق التعليم اللغة العربية في جامعات الأندونيسية (دراسة تحليلية عن تطوير طرق تعليم اللغة العربية للمعلم والمتعلم) = Metodelogi pengajaran kemahiran berbahasa Arab di perguruan tinggi indonesia: pengembangan metodologi dan teknik pengajaran bahasa Arab untuk dosen dan mahasiswa

Hendra, Faisal (2015) طرق التعليم اللغة العربية في جامعات الأندونيسية (دراسة تحليلية عن تطوير طرق تعليم اللغة العربية للمعلم والمتعلم) = Metodelogi pengajaran kemahiran berbahasa Arab di perguruan tinggi indonesia: pengembangan metodologi dan teknik pengajaran bahasa Arab untuk dosen dan mahasiswa. Proceedings of the International Conference of Arabic Language, 2. pp. 623-636. ISSN 2460-7398

[img] Text (Cover)
ILS0121-21_Halaman-Awal.pdf - Published Version

Download (654kB)
[img] Text (Table of Content)
ILS0121-21_Daftar-Isi.pdf - Published Version

Download (483kB)
[img] Text (Article's Content)
ILS0121-21_Isi-Artikel.pdf - Published Version

Download (966kB)
[img] Text (Plagiarism Check)
ILS0121-21_Cek-Turnitin.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)

Abstract

Metodelogi pengajaran kemahiran bahasa Arab di perguruan tinggi Indonesia (pengembangan metodologi dan teknik pengajaran bahasa Arab untuk dosen dan mahasiswa). Metodelogi pengajaran bahasa Arab adalah salah satu unsur yang ada dalam kurikulum. Kemampuan seorang dosen dalam mengajar dengan inovasi yang dilakukan ketika mengajar sangat menentukan tingkat keberhasilan pembelajaran itu sendiri. Ada dua tantangan yang dihadapi oleh para pengajar bahasa Arab di perguruan tinggi Indonesia saat ini, pertama lulusan pendidikan bahasa arab yang belum mampu memenuhi kebutuhan rill kemampuan berbahasa yang diharapkan didunia kerja, dan yang kedua cara pandang pembelajar dalam mempelajari kemahiran berbahasa Arab, kemahiran manakah yang harus didahulukan dalam proses pembelajaran bahasa. Apakah kemahiran membaca, baru kemahiran berbicara dan kemahiran menulis, ataukah sebaliknya?. Untuk keluar dari dua tantangan ini, perlu ada terobosan dalam pembelajaran yang dilaksanakan, terutama sekali terkait konteks metodologi pengajaran yang digunakan, keberhasilan seorang pendidik dalam menerapkan satu metode dalam satu materi tertentu dan dalam satu unit pembelajaran sangat menentukan sukses atau tidaknya pembelajaran bahasa Arab yang diajarkan. Tulisan ini akan mencoba melihat dari sudut pandang penerapan metodologi dan model pembelajaran bahasa Arab di perguruan tinggi Indonesia oleh para dosen pengajar dan mahaiswa, problematika dan solusinya serta saran pengembangannya, semoga kajian ini bermanfaat buat kita semua.

Item Type: Article
Additional Information: Turnitin's similarity index result was checked based on rules stated in "Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Akademik/Pangkat Dosen" (http://lldikti12.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2019/03/PO-PAK-2019_MULAI-BERLAKU-APRIL-2019.pdf) pp. 23-25; Artikel ini dipresentasikan dalam Konferensi yang diselenggarakan oleh Ikatan Pengajar Bahasa Arab se-Indonesia bekerjasama dengan Fakultas Tarbiyah UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta pada tanggal 23-25 Agustus 2015.
Uncontrolled Keywords: learning method; language skill; higher education; teaching method; arabic language
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher Education, Universities
400 Language > 490 Other languages > 492 Semitic Afro-Asiatic languages > 492.7 Arabic and Maltese languages
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) > Sastra Arab
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 04 Sep 2021 13:25
Last Modified: 13 Apr 2023 10:44
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1671

Actions (login required)

View Item View Item