Pembelajaran bahasa arab di universitas-universitas Indonesia, antara kenyataan dan pengembangan ke depan: problematika yang dihadapi dan solusinya ke depan

Hendra, Faisal (2015) Pembelajaran bahasa arab di universitas-universitas Indonesia, antara kenyataan dan pengembangan ke depan: problematika yang dihadapi dan solusinya ke depan. In: Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab (PINBA) IX. UIN-Maliki Press, Malang, pp. 1476-1484. ISBN 978-602-1190-50-0

[img] Text (Cover)
ILS0117-21_Halaman-Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Table of Content)
ILS0117-21_Daftar-Isi.pdf - Published Version

Download (520kB)
[img] Text (Article's Content)
ILS0117-21_Isi-Artikel.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Plagiarism Check)
ILS0117-21_Cek-Turnitin.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)
Official URL: http://www.prosiding.imla.or.id/index.php/pinba/is...

Abstract

Mempelajari bahasa Arab di perguruan tinggi tidak semudah mempelajari bahasa ibu (bahasa Indonesia). Pernyataan ini muncul karena banyaknya faktor yang mempengaruhi keberhasilan pengajaran bahasa Arab itu sendiri, diantara faktor yang ikut mempengaruhi pengajaran bahasa adalah faktor linguistik dan faktor psikologis. Pada saat yang sama penyeimbangan antara keempat kemahiran dalam pembelajaran bahasa (mendengar, berbicara, membaca dan menulis) harus berjalan secara seimbang tanpa harus mengistimewakan antara satu kemahiran dengan kemahiran lainnya. Dalam pengembangan kurikulumpun kadang cukup sering kita terjebak dalam kondisi, merasa kurikulum sudah baik, akan tetapi hasil akhir yang diraih tidak sesuai dengan harapan diawal, dan dengan segudang permasalahan yang ditimbulkan. Untuk keluar keluar dari kondisi ini perlu ada terobosan dalam pembelajaran terutama sekali terkait konteks pengembangan metodologi pengajaran yang digunakan dan inovasi pengembangan lainnya. Keberhasilan seorang pendidik dalam mengajar dan kemampuan mahasiswa dalam menyerap ilmu yang diberikan sangat menentukan sukses atau tidaknya pembelajaran bahasa Arab yang diajarkan, tulisan ini akan mencoba melihat hambatan yang dihadapi oleh dosen dan mahasiswa bahasa Arab di perguruan tinggi Indonesia antara problematika yang mereka hadapi dan saran pengembangannya kedepan, semoga bermanfaat buat kita semua.

Item Type: Book Section
Additional Information: Turnitin's similarity index result was checked based on rules stated in "Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Akademik/Pangkat Dosen" (http://lldikti12.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2019/03/PO-PAK-2019_MULAI-BERLAKU-APRIL-2019.pdf) pp. 23-25
Uncontrolled Keywords: arabic language, learning method, teaching method, studying problems
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher Education, Universities
400 Language > 490 Other languages > 492 Semitic Afro-Asiatic languages > 492.7 Arabic and Maltese languages
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) > Sastra Arab
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 04 Sep 2021 13:13
Last Modified: 05 Sep 2021 07:55
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1667

Actions (login required)

View Item View Item