Salshabila, Nurazizah and Nadhifa, Vina and Hendra, Faisal (2020) Tantangan dalam pembelajaran kemahiran berbahasa Arab secara online mahasiswa prodi Bahasa Dan Kebudayaan Arab Universitas Al Azhar Indonesia (التحديات التي يواجهها الطلاب قسم اللغة والثقافة العربية بجامعة الأزهر الإندونيسيا في تعلم مهارات اللغوية عبر الإنترنت). Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI (6). pp. 492-506. ISSN 2957-5242
Text (Plagiarism Check)
ILS0109-21_Cek-Turnitin.pdf - Supplemental Material Download (2MB) |
|
Text (Article's Content)
ILS0109-21_Isi-Artikel.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Sejak Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi yang melanda seluruh negara didunia termasuk Indonesia, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menetapkan status darurat nasional, seluruh masyarakat Indonesia diperintahkan untuk melakukan seluruh upaya untuk mencegah penularan pandemi ini dengan berbagai cara mengujudkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), berupa senantiasa mencuci tangan, menjaga jarak antar sesama dan mengikuti seluruh protokol kesehatan yang melibatkan orang banyak. Berbagai aktifitas dihentikan selama pandemi melanda, termasuk didalamnya aktivitas belajar mengajar dalam bentuk tatap muka. Seluruh lembaga pendidikan yang ada di Indonesia juga diminta untuk belajar dari rumah tanpa tatap muka dengan pengajar secara langsung. Pembelajaran via online menjadi satu-satunya alternatif bagi seluruh jenjang pendidikan, mulai dari tingkat TK sampai dengan perguruan tinggi. Kebijakan ini menjadi tantangan tersendiri bagi pengajar dan pembelajar dalam melakukan proses pembelajaran, termasuk pembelajaran bahasa arab dengan seluruh aspek keilmuan yang ada didalamnya, seperti tata Bahasa, budaya, sastra, kemahiran berbahasa yang empat dalam Bahasa Arab (mendengar, berbicara, membaca dan menulis). Maharah yang empat ini menjadi maharah yang sangat dasar sekali bagi seseorang dalam belajar bahasa arab yang selama ini menggunakan metode tatap muka dikelas. Dalam makalah ini penulis akan menyampaikan tantangan-tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa dan dosen dalam melakukan proses belajar mengajar kemahiran berbahasa Arab via online, mahasiswa prodi Bahasa dan Kebudayaan Arab, Universitas Al Azhar Indonesia. Data yang didapatkan dianalisis oleh peneliti dalam bentuk kualitatif dan disampaikan secara deskriptif dari pengalaman langsung peneliti dan rekan mahasiswa yang prodi Arab UAI lainnya. Selain dari pengalaman langsung peneliti, data didapatkan juga dari bahan bacaan peneliti, wawancara, observasi dan beberapa aktifitas lainnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Disampaikan dalam Seminar Nasional KONASBARA (Konferensi Nasional Bahasa Arab) VI dengan tema: “Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia” |
Uncontrolled Keywords: | arabic language, college students, learning problems, online class |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher Education, Universities 400 Language > 490 Other languages > 492 Semitic Afro-Asiatic languages > 492.7 Arabic and Maltese languages |
Divisions: | Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) > Sastra Arab |
Depositing User: | Rifda Jilan |
Date Deposited: | 28 Aug 2021 02:01 |
Last Modified: | 28 Aug 2021 06:21 |
URI: | http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1659 |
Actions (login required)
View Item |