Peran pimpinan universitas dalam meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Arab: studi kasus di Universitas Al Azhar Indonesia

Hendra, Faisal and Rembulan, Intan (2019) Peran pimpinan universitas dalam meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Arab: studi kasus di Universitas Al Azhar Indonesia. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab (PINBA) XII. pp. 27-38. ISSN 2621-9387

[img] Text (Plagiarism Check)
ILS0105-21_Cek-Turnitin.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)
[img] Text (Article's Content)
ILS0105-21_Isi-Artikel.pdf - Published Version

Download (751kB)
Official URL: http://prosiding.imla.or.id/index.php/pinba/articl...

Abstract

Rektor dan para pimpinan universitas memegang peranan yang sangat strategis dalam mengelola berjalannya pendidikan di program studi yang ada di satu perguruan tinggi. Secara personal disamping rektor harus memiliki kompetensi keilmuan yang baik, dia juga harus memiliki kompetensi dalam kepemimpinan, yang dapat mendorong seluruh komponen universitas untuk bisa bekerja total dalam mendidik para mahasiswa, dia juga harus memiliki visi untuk kemajuan universitas, dan konsisten dengan visinya, akan tetapi tetap demokratis dan menghargai pandangan para koleganya. Rektor harus mampu menciptakan suasana yang kondusif untuk para dosen dan karyawan dalam bekerja, juga mampu menciptakan suasana yang nyaman untuk para mahasiswa dalam belajar. Selanjutnya, rektor harus memiliki sikap dedikatif untuk universitas yang menjadi tanggung jawabnya, dia bekerja dengan totalitas bagi kemajuan kampusnya, termasuk dalam memfasilitasi seluruh program studi yang ada, dalam operasional pendidikan maupun dalam rintisan pengembangan pendidikan. Muncul pertanyaan untuk Prodi Bahasa dan Kebudayaan Arab di Universitas Al Azhar Indonesia, bagaimana Pola komunikasi yang dikembangkan oleh Rektorat UAI dengan Fakultas dan Program Studi yang berjalan selama ini?. Apa bentuk kebijakan yang diambil oleh Rektorat dan dampaknya dalam peningkatan mutu pembelajaran bahasa Arab di Prodi Bahasa dan Kebudayaan Arab UAI?. Serta bagaimana komitmen Prodi Bahasa dan Kebudayaan Arab dalam meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab di Prodi ahasa dan Kebudayaan Arab UAI dari kebijakan yang sudah diambil oleh Rektorat UAI. Makalah ini akan mencoba untuk menjawab pertanyaan diatas, terkait dengan sejauh mana peran pimpinan Universitas arau rektorat dalam mendukung dalam mendukung pelaksanaan dan pengelolaan pembelajaran Berbahasa Arab di Perguruan Tinggi, studi kasus yang diangkatkan sebagai data makalah ini adalah Rektorat Universitas Al Azhar Indonesia.

Item Type: Article
Additional Information: Disampaikan dalam Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab (PINBA) XII di Bandung
Uncontrolled Keywords: peran, pimpinan, mutu, pembelajaran, bahasa Arab
Subjects: 300 Social sciences > 300 Social sciences, sociology & anthropology > 303 Social Process
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher Education, Universities
400 Language > 490 Other languages > 492 Semitic Afro-Asiatic languages > 492.7 Arabic and Maltese languages
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) > Sastra Arab
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 27 Aug 2021 17:22
Last Modified: 27 Aug 2021 17:22
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1655

Actions (login required)

View Item View Item