Motivasi mahasiswa dalam belajar Bahasa Arab antara harapan dan tantangan: studi kasus mahasiswa prodi Sastra Arab, Universitas Al Azhar Indonesia

Humairoh and Faiqoh, Arina and Hendra, Faisal (2018) Motivasi mahasiswa dalam belajar Bahasa Arab antara harapan dan tantangan: studi kasus mahasiswa prodi Sastra Arab, Universitas Al Azhar Indonesia. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab IV (4). pp. 378-387. ISSN 2597-5242

[img] Text (Plagiarism Check)
ILS0103-21_Cek-Turnitin.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)
[img] Text (Article's Content)
ILS0103-21_Isi-Artikel.pdf - Published Version

Download (445kB)
Official URL: http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/a...

Abstract

Motivasi belajar memiliki peran yang sangat strategis untuk mencapai tujuan dalam proses pembelajaran di Perguruan Tinggi. Pada makalah ini, Penulis mencoba melihat sejauh mana motivasi mahasiswa dalam belajar bahasa Arab di perguruan tinggi, baik motivasi yang muncul dalam diri mahasiswa itu sendiri, maupun motivasi yang berasal dari luar diri mahasiswa. Data penelitian diambil dari mahasiswa/i di Program studi Sastra Arab, Universitas Al Azhar Indonesia yang merupakan mahasiswa aktif dari seluruh angkatan secara acak. Dapat dilihat dari realita yang ada, bahwa masih rendah atau kurangnya motivasi mahasiswa dalam belajar bahasa Arab. Motivasi ini penulis bagi menjadi dua jenis: motivasi internal dan motivasi eksternal mahasiswa. Diantara motivasi internal adalah perasaan takut salah ketika belajar menggunakan bahasa Arab, perasaan malas yang muncul dari diri masing-masing, kurang konsentrasi dalam belajar, kurangnya rasa antusias dalam mengikuti perkuliahan, kurang menyukai mata kuliah tertentu, menganggap mata kuliah tertentu tidak begitu penting dan kurangnya penguasaan kosakata, serta rasa kurang percaya diri. Sedangkan untuk motivasi eksternal diantaranya adalah: tidak terciptanya lingkungan bahasa Arab ditengah mahasiswa, kurangnya kondisi yang memaksa mahasiswa untuk belajar dengan menggunakan bahasa Arab, tidak seluruh dosen mampu memahami perbedaan individu dari masing-masing mahasiswa, adanya paksaan mengikuti kuliah dari keluarga dan bukan keinginan diri sendiri, juga latar belakang sekolah yang berbeda antara satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya. Pada bagian akhir, penulis memberikan beberapa solusi untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam belajar bahasa Arab. Makalah ini berbentuk kualitatif dan naratif, merupakan hasil dari data yang didapatkan melalui berbagai macam media, diantaranya: wawancara, observasi, angket dan pengalaman langsung para penulis. Penulis berharap, makalah ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca dalam meningkatkan motivasi mahasiswa dalam belajar bahasa Arab di perguruan tinggi.

Item Type: Article
Additional Information: Disampaikan dalam Seminar Nasional KONASBARA (Konferensi Nasional Bahasa Arab) IV dengan tema: “Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia”
Uncontrolled Keywords: motivasi, mahasiswa, bahasa arab, harapan, tantangan
Subjects: 100 Philosophy & psychology > 150 Psychology
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher Education, Universities
400 Language > 490 Other languages > 492 Semitic Afro-Asiatic languages > 492.7 Arabic and Maltese languages
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) > Sastra Arab
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 27 Aug 2021 17:08
Last Modified: 27 Aug 2021 17:08
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1653

Actions (login required)

View Item View Item