Teman sebagai bagian dari alat bantu dalam pembelajaran kemahiran berbicara Bahasa Arab, antara harapan dan tantangan

Pramesthi, Adhelia Refita and Nashfati, Nurfajrina and Hendra, Faisal (2018) Teman sebagai bagian dari alat bantu dalam pembelajaran kemahiran berbicara Bahasa Arab, antara harapan dan tantangan. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab IV (4). pp. 176-185. ISSN 2597-5242

[img] Text (Article's Content)
ILS0102-21_Isi-Artikel.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text (Plagiarism Check)
ILS0102-21_Cek-Turnitin.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)
Official URL: http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/a...

Abstract

Alat bantu adalah bagian dari unsur terpenting yang harus ada dalam pembelajaran bahasa Asing, termasuk pembelajaran bahasa Arab. Banyak sekali jenis-jenis alat bantu yang dapat digunakan oleh pembelajar dalam pembelajaran kemahiran berbahasa, salah satunya adalah keberadaan teman. Teman masuk kedalam jenis alat bantu Audio Visual. Pada makalah ini, penulis akan coba menggali peran teman sebagai bagian dari alat bantu dalam proses belajar kemahiran berbicara bahasa Arab, apa peran yang harusnya dilakukan, apa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh teman dalam belajar, sehingga keberadaan teman bisa masuk sebagai bagian dari alat bantu dalam belajar berbicara bahasa Arab. Dalam tulisan ini penulis mencoba untuk menarasikan dari data dilapangan yang didapatkan dalam observasi berupa: peran teman dalam belajar kemahiran berbicara bahasa Arab, problematika yang dihadapi mahasiswa dalam belajar bahasa Arab bersama teman, syarat yang harus dimiliki oleh seorang teman agar dia masuk kedalam bagian dari alat bantu dalam pembelajaran kemahiran berbicara, serta bentuk aktivitas yang seharusnya dilakukan oleh seorang mahasiswa dengan temannya untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam dalam menguasai kemahiran berbicara bahasa Arab antara kenyataan saat ini dan harapan kedepan. Makalah ini berbentuk naratif kualitatif, data didapatkan dari hasil pengalaman penulis dan dari hasil observasi yang dilakukan kepada mahasiswa yang belajar bahasa Arab di Universitas Al Azhar Indonesia. Harapan penulis makalah sederhana ini bisa menjadi bahan bagi kita bersama pemerhati bahasa Arab dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam menjadikan teman sebagai bagian dari alat bantu dalam pembelajaran.

Item Type: Article
Additional Information: Disampaikan dalam Seminar Nasional KONASBARA (Konferensi Nasional Bahasa Arab) IV dengan tema: “Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia”
Uncontrolled Keywords: teman, alat bantu, pembelajaran, kemahiran berbicara, bahasa arab
Subjects: 300 Social sciences > 300 Social sciences, sociology & anthropology
300 Social sciences > 300 Social sciences, sociology & anthropology > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
300 Social sciences > 300 Social sciences, sociology & anthropology > 305 Social Groups
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher Education, Universities
400 Language > 490 Other languages > 492 Semitic Afro-Asiatic languages > 492.7 Arabic and Maltese languages
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) > Sastra Arab
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 27 Aug 2021 16:51
Last Modified: 03 Sep 2021 07:33
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1652

Actions (login required)

View Item View Item