Inovasi dalam pengembangan teknik pengajaran kemahiran berbicara Bahasa Arab berbasis metodologi di perguruan tinggi (الابتكارات في تطوير أساليب تدريس مهارة الكلام القائمة على الطرق التعليمية في الجامعات الأندونيسية)

Hendra, Faisal (2018) Inovasi dalam pengembangan teknik pengajaran kemahiran berbicara Bahasa Arab berbasis metodologi di perguruan tinggi (الابتكارات في تطوير أساليب تدريس مهارة الكلام القائمة على الطرق التعليمية في الجامعات الأندونيسية). Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab (PINBA) XI. pp. 235-244. ISSN 2621-9387

[img] Text (Plagiarism Check)
ILS0100-21_Cek-Turnitin.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)
[img] Text (Article's Content)
ILS0100-21_Isi-Artikel.pdf - Published Version

Download (819kB)
Official URL: http://prosiding.imla.or.id/index.php/pinba/articl...

Abstract

Metodologi adalah salah satu unsur yang sangat menentukan tercapainya tujuan pembelajaran bahasa Arab di perguruan tinggi Indonesia. Metodologi yang baik perlu dibarengi dengan teknik mengajar yang baik juga, teknik yang inovatif akan menjadikan suasana kelas lebih hidup dan mahasiswa akan lebih bersemangat dalam belajar. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi pengajaran, para pengajar kemahiran berbicara dituntut harus mampu mengembangkan metodologi yang digunakan dengan teknik mengajar yang inovatif dan terbarukan yang disesuaikan dengan kebutuhan bahan ajar yang akan diajarkan dengan tetap merujuk kepada metodologi yang sudah baku digunakan dalam mengajar kemahiran berbicara bahasa asing. Atas dasar pemikiran diatas, maka penulis dimakalah ini akan mengupas beberapa inovasi yang mungkin bisa dilakukan oleh para pengajar kemahiran berbicara bahasa Arab, dengan tetap mengacui kepada cara atau teknik yang selama ini sudah sering diterapkan ketika mengajar kemahiran berbicara, seperti teknik: pelafalan kosa kata, percakapan harian, cerita, diskusi, wawancara, drama, pidato, debat, dan beberapa teknik pengajaran lainnya. Bedanya, inovasi terbarukan ini memasukan teknologi, multi media dan jejaring sosial kedalam bagian dari teknik mengajar, tidak hanya puas mengajar dengan cara yang selama ini yang telah diterapkan. Dengan penggunaan teknologi dan media terbarukan ini, diharapkan kemahiran mahasiswa berbicara bahasa Arab di perguruan tinggi Indonesia akan lebih meningkat.

Item Type: Article
Additional Information: Disampaikan dalam Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab (PINBA) XI di Aceh
Uncontrolled Keywords: inovasi, pengembangan, teknik mengajar, bahasa Arab, metodologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher Education, Universities
400 Language > 490 Other languages > 492 Semitic Afro-Asiatic languages > 492.7 Arabic and Maltese languages
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) > Sastra Arab
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 27 Aug 2021 16:23
Last Modified: 27 Aug 2021 16:44
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1650

Actions (login required)

View Item View Item