Implementasi pendidikan karakter melalui permainan tradisional

Fitria, Nila (2018) Implementasi pendidikan karakter melalui permainan tradisional. Conference Nusantara PGRI Kediri University: Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-2. pp. 794-805. ISSN 2598-6139

[img] Text (Article's Content)
ILS0068-21_Isi-Artikel.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Archive (Peer Review)
ILS0068-21_Penilaian-Sejawat.pdf - Supplemental Material

Download (672kB)
Official URL: http://conference.unpkediri.ac.id/index.php/semdik...

Abstract

Pendidikan karakter merupakan ciri khas setiap anak di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Implementasi pendidikan karakter yang dibuat oleh sekolah diupayakan untuk membentuk karakter anak yang baik. TK Raudlatul Azhar merupakan sekolah TK yang menerapkan pendidikan karakter melalui permainan tradisional. Karakter yang dikembangkan mencakup kecintaan terhadap Tuhan YME, disiplin, berani, jujur, tanggung jawab, dan kerja keras. Permainan tradisional yang dilakukan adalah taplak gunung. Penelitian kualitatif-deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui permainan tradisional di TK tersebut. Melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah serta guru TK A dan B, disimpulkan bahwa permainan tradisional menunjukkan peran guru dalam memotivasi anak untuk memainkan permainan tersebut, dan memotivasi anak untuk berperan sebagai individu yang mau belajar untuk berkarakter baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: character education, early childhood education, traditional game
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary Education
700 Arts & recreation > 790 Sports, games & entertainment
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Psikologi dan Pendidikan (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 01 May 2021 05:16
Last Modified: 01 May 2021 05:16
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1616

Actions (login required)

View Item View Item