Klaim halal dan makna hijrah pada iklan produk halal dalam perspektif ibu-ibu muslimah

Mandjusri, Alma (2017) Klaim halal dan makna hijrah pada iklan produk halal dalam perspektif ibu-ibu muslimah. Avant Garde: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5 (2). pp. 42-68. ISSN 2657-151X

[img] Text (Article's Content)
ILS0032-21.pdf - Published Version

Download (447kB)
Official URL: https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/avantgar...

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi interpretasi partisipan yang merupakan ibu-ibu muslimah terhadap iklan produk halal. Teori yang digunakan adalah reception analysis untuk melihat bagaimana media dan khalayak berinteraksi satu sama lain sebagai agen. Objek penelitian adalah iklan TV Total Almeera deterjen halal pertama di Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Focus Group Discussion yang terdiri dari ibu-ibu muslimah karir dan pendidik. Hasil penelitian menemukan bahwa sebagian besar partisipan menunjukkan posisi dominan (hegemonic reading) yang di dalamnya terkandung keyakinan sebagai penganut agama Islam. Sedang sebagian kecil partisipan menunjukkan posisi negosiasi (negotiated reading) atau pada dasarnya menerima tetapi merasa halal saja belum cukup sebelum ada jaminan lolos uji untuk kulit sensitif. Sedangkan untuk makna “hijrah” sebagian besar peserta menunjukkan posisi dominant (hegemonic reading) atau merasa paham dan familiar dengan kata hijrah. Sementara sebagian kecil partisipan menunjukkan posisi oposisi (counter hegemonic reading), atau menolak penggunaan konsep hijrah pada iklan TV komersial karena menganggap tidak semua penonton beragama Islam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: advertising, communication, halal claim , hijra, reception analysis
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications & transportation
600 Applied sciences & technology > 650 Management & public relations > 658 General Management
600 Applied sciences & technology > 650 Management & public relations > 659 Advertising And Public Relations
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 09 Mar 2021 13:05
Last Modified: 09 Mar 2021 13:05
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1579

Actions (login required)

View Item View Item