Pemahaman lintas budaya melalui teks: kajian respon pembaca dalam cerpen sastra Inggris

Sabbah, Sherien and Bawarti, Era (2021) Pemahaman lintas budaya melalui teks: kajian respon pembaca dalam cerpen sastra Inggris. Discussion Paper. Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta. (Unpublished)

[img] Text (Article's Content)
ILS0019-21.pdf - Draft Version

Download (183kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat respon mahasiswa program studi Bahasa dan Kebudayaan Inggris UAI dalam memahami konflik pemahaman lintas budaya terkait dengan ideologi multikulturalisme melalui karya sastra multikultural. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode reader-response (respon pembaca) dengan subjek penelitian yaitu mahasiswa prodi Bahasa dan Kebudayaan Inggris UAI yang mengambil mata kuliah Kajian Prosa sebanyak 60 orang. Dengan menggunakan teori Identitas oleh Stuart Hall sebagai kajian multikulturalisme dan teori intrinsik prosa, penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran jelas mengenai respon mahasiswa terhadap teks-teks sastra bertema multikultural dan juga gambaran jelas sejauh mana pemahaman lintas budaya mereka. Pada akhirnya hasil ini secara garis besar menunjukkan bahwa pemahaman keberagaman, kepedulian sosial dan toleransi di kalangan mahasiswa sudah cukup baik karena sebanyak 61.7% responden memahami dan dapat menginterpretasikan isi cerpen serta mampu mengaitkan tema cerpen dengan kondisi keberagaman di kehidupan mereka sehari-hari.

Item Type: Monograph (Discussion Paper)
Uncontrolled Keywords: cultural identity, english language, linguistics, multiculturalism, prose devices
Subjects: 300 Social sciences > 300 Social sciences, sociology & anthropology
800 Literature > 820 English & Old English literatures
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) > Sastra Inggris
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 04 Mar 2021 14:03
Last Modified: 04 Mar 2021 14:03
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1563

Actions (login required)

View Item View Item