Budianingsih, Tri and Qadriani, Nanda Lailatul (2020) Analisis pakar pengembangan metode pembelajaran kolaborasi tutor teman sebaya dengan quantum teaching dalam pembelajaran bahasa Mandarin. Universitas Al Azhar Indonesia. (Unpublished)
Text (Article's Content)
ILS0003-21.pdf - Draft Version Download (240kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan metode pembelajaran berbasis tutor teman sebaya dengan quantum teaching dalam pembelajaran bahasa Mandarin dari segi para pakar atau expert judgment, kedepannya akan melahirkan sebuah metode pembelajaran yang baru hasil dari penggabungan dua metode pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian yaitu dosen dengan bergelar 2 doktor dan 2 magister dari bidang pendidikan dan bahasa Mandarin. Teknik pengumpulan data adalah Teknik langsung dan data yang digunakan adalah kusioner. Data tersebut dianalisis dengan perhitungan sederhana yaitu rata-rata. Hasil menganalisis para pakar atau expert judgment dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Total pencapaian rata-rata skor pernyataan para pakar adalah 46,25 dengan rata-rata poin 4 sehingga hasil dari penilaian secara umum dapat digunakan tanpa revisi. 2) Total pencapaian rata-rata skor tiap bagian sebagai berikut: bagian pertama, teori pendukung total rata- rata skornya 15,33 dengan rata-rata poin 4. Bagian kedua, Struktur pengembangan metode pembelajaran total rata-rata skornya 15,375 dengan rata-rata poin 4. Terakhir, bagian ketiga yaitu Hasil belajar yang diinginkan total rata-rata skornya 16 dengan rata-rata poin 4. 3) Langkah- langkah pengembangan metode pembelajaran ini menghasilkan 6 (enam) langkah yang berasal dari kolaborasi dua metode pembelajaran tutor teman sebaya dan quantum teaching, dengan penamaan komponen sebagai berikut: sugesti posistif, kelompok, peer tutoring, Diskusi, Demonstrasikan dan Rayakan. Berdasarkan hasil kesimpulan di atas dalam merancang sebuah metode baru, analisis pakar yang telah dilakukan penulis dapat dijadikan rekomendasi selanjutnya dalam merancang sebuah metode yang baru hasil dari kolaborasi, dapat dilihat bahwa para pakar merekomendasikan sebuah metode yang baru yaitu kolaborasi metode quantum teaching dengan tutor teman sebaya.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahasa Mandarin, chinese language, quantum teaching, tutor sebaya |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher Education, Universities 400 Language > 490 Other languages > 495 Languages of East & Southeast Asia > 495.1 Chinese language |
Divisions: | Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) > Sastra Tiongkok |
Depositing User: | Rifda Jilan |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 23:43 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 23:43 |
URI: | http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1541 |
Actions (login required)
View Item |