Covid-19, asimetri dan keterbukaan informasi publik

Nasucha, Muchammad and Moenawar, M. Ghozali (2020) Covid-19, asimetri dan keterbukaan informasi publik. In: Media, komunikasi dan informasi di masa pandemi Covid-19. MBridge Press, pp. 74-93. ISBN 9786236615058 (In Press)

[img] Text (Article's Content)
ILS0076-20_Isi-Artikel.pdf - Published Version

Download (456kB)
[img] Text (Cover Image, Preface, Table of Contents)
ILS0076-20_Halaman-Awal.pdf - Supplemental Material

Download (334kB)
[img] Text (Plagiarism Check)
ILS0076-20_Cek-Turnitin.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)
[img] Archive (Peer Review)
ILS0076-20_Penilaian-Sejawat_Muchammad-Nasucha.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)
Official URL: http://fikom.mercubuana-yogya.ac.id/2021/07/buku-m...

Abstract

Informasi publik merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan suatu bangsa. Namun sejak pandemi Covid-19 dimulai, banyak terjadi anomali, kesenjangan dalam pengetahuan public (gap of public knowledge), dan ini disinyalir disebabkan oleh ketidak-cukupan informasi (in-equality of public information) yang bisa jadi dikarenakan proses transmisi informasi yang tidak benar dan tepat. Oleh karena itu, dibutuhkan keterbukaan informasi publik yang terkoordinasi dan berkelanjutan yang menekankan pesan-pesan utama untuk membentuk perilaku publik dalam mencegah penyebaran virus Covid-19. Adanya akses publik terhadap informasi dapat memfasilitasi kemampuan publik untuk mengevaluasi proses pengambilan keputusan yang memengaruhi kehidupan mereka dengan mendorong terwujudnya partisipasi dialog. Artikel ini membahas tentang bagaimana keterbukaan informasi publik dijalankan melalui pola asimetri informasi dalam menghadapi pandemi covid 19 di Indonesia.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: media (communication), information, public disclosure
Subjects: 000 Computer science, information & general works > 020 Library & information sciences > 028 Use of Other Information Media
000 Computer science, information & general works > 070 News media, journalism & publishing
300 Social sciences > 380 Commerce, communications & transportation > 384 Communications (Telemunications)
600 Applied sciences & technology > 650 Management & public relations > 659 Advertising And Public Relations
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 31 Aug 2020 16:41
Last Modified: 20 Jan 2022 08:06
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1465

Actions (login required)

View Item View Item