Biyanti, Ratu Thresna (2010) Penyusunan bisnis plan pada sepuluh perusahaan industri kecil menengah propinsi Jawa Barat. Other thesis, Universitas Al Azhar Indonesia.
Text (UAI)
- Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (0B) |
Abstract
Industri Kecil Menengah (IKM) semakin berkembang sehingga membuat banyak pihak menjadi realistis bahwa IKM yang merupakan kegiatan usaha berbasis kerakyatan mampu menangkap peluang dari faktor-faktor penyebab runtuhnya usaha berskala besar. Dengan semakin berkembangnya IKM, semakin besar pula peluang adanya manfaat yang bisa diambil oleh masyarakat; yaitu bahwa semakin besar jumlah tenaga yang mampu diserap sehingga membantu menggurangi masalah pengangguran. Namun, Industri Kecil Menengah ini juga memiliki beberapa kendala. Di antaranya modal usaha yang terbatas, banyaknya jumlah usaha yang memproduksi barang sejenis, harga pasar yang tidak stabil, dan masalah pemasaran produksi. Untuk mengembangkan dan memberdayakan IKM diperlukan pendukungan yang bersifat strategis dan dapat diterapkan secara langsung. Pendukungan strategis tersebut terutama dalam hal perencanaan pengembangan bisnis dari IKM yang meliputi seluruh aspek bisnis seperti target pasar, perencanaan produksi, keuangan, dan sumber daya lainnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Identifier : IL 338.642 Rat p*1 Language : Indonesia Copyright : Attribution 4.0. International |
Subjects: | Library of Congress Subject Areas > Library of Congress Subject Areas > Business Library of Congress Subject Areas > Small industry Library of Congress Subject Areas > Small business |
Divisions: | University Structure > Universitas Al Azhar Indonesia |
Depositing User: | Rahman Pujianto |
Date Deposited: | 19 Jul 2018 05:28 |
Last Modified: | 19 Jul 2018 05:28 |
URI: | http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1276 |
Actions (login required)
View Item |