Filsafat bahasa dalam pengajaran bahasa

Fidesrinur (2003) Filsafat bahasa dalam pengajaran bahasa. UNSPECIFIED. Universitas Al Azhar Indonesia.

[img] Text (UAI) - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (0B)
Official URL: http://perpustakaan.uai.ac.id/index.php/cari/detai...

Abstract

Para pengajar sering salah kaprah dalam menentukan paradigma pengajaran bahasa dalam kaitannya dengan konteks pengajaran yang mereka hadapi. Ada guru yang beorientasi pada metodologi, ada yang berorientasi pada pengelolaan kelas, dan sebagian lainnnya hanya terpaku pada kebiasaan guru dalam mengajar. Guru-guru terkadang tidak mempunyai alasan yang kuat dalam menentukan strategi yang akan dipakai dalam satu situasi pengajaran. Pengajaran bahasa seolah-olah terlepas sama sekali dengan konteks dan penggunaan bahasa dalam realitas kesehariannya. Penekanan-penekanan pengajaran bahasa tidak berdasarkan pada suatu pola pemikiran yang luas sebagaimana sesungguhnya bahasa dipergunakan. Pandangan yang sempit pada suatu proses pengajaran yang hanya terfokus pada kepentingan jangka pendek seperti penekanan tata bahasa, pengajaran tentang bahasa, atau penekanan pada penggunaan metodologi tertentu saja sehingga memberikan pemahaman pengajaran yang sempit pula. Filsafat bahasa merupakan suatu aksioma yang menentukan pendekatan yang akan dipilih dalam suatu pengajaran tertentu dalam aspek-aspek pengakaran bahasa. Penentuan pendekatan ini erat kaitannya dengan keperluan pengajaran bahasa bagi anak didik. Sehubungan dengan itu pula, maka penentuan pendekatan, metode dan teknik yang relevan sangat ditentukan oleh karakteristik murid yang akan diajar. Karena orang yang paling berkepentingan dalam proses belajar adalah murid maka sentral pemikiran guru dalam mengajar selalu mempertimbangkan keefektifan setiap tindakan guru dan relevansinya dengan murid atau tujuan pengajaran yang telah ditetapkan. Pendekatan-pendekatan dan metoda serta teknik yang dipelajari adalah referensi yang dapat dipertimbangkankan sebagai alternatif yang menjadi bahan pertimbangan. Akhimya efektifitas pengajaran bahasa akan ditentukan oleh kelihaian guru dalam memilih dan menentukan prosedur yang kondusif bagi sebagian besar anak didiknya.

Item Type: Monograph (UNSPECIFIED)
Additional Information: Identifier : IL 121.68 Fid f Language : Indonesia Copyright : Attribution 4.0. International
Subjects: 400 Language > 400 Language > 401 Philosopy and Theory
Library of Congress Subject Areas >
Library of Congress Subject Areas > Language and languages--Philosophy
Library of Congress Subject Areas > Language and languages--Study and teaching
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Psikologi dan Pendidikan (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Rahman Pujianto
Date Deposited: 19 Jul 2018 05:20
Last Modified: 03 Apr 2020 05:38
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1132

Actions (login required)

View Item View Item