Perkembangan Starbucks di Indonesia dalam Perspektif Kapitalisme dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

Anggunatami, Anggrek Katresna (2017) Perkembangan Starbucks di Indonesia dalam Perspektif Kapitalisme dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Diploma thesis, Universitas Al Azhar Indonesia.

[img] Text (UAI) - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (0B)
Official URL: http://perpustakaan.uai.ac.id/index.php/cari/detai...

Abstract

Penulis ingin membahas mengenai fenomena perkembangan Starbucks di Indonesia karena menurut penulis ini merupakan fenomena yang menarik karena Indonesia adalah salah satu Negara penghasil kopi terbanyak di dunia namun Starbucks sebagai salah satu MNC Amerika dapat berhasil berkembang dengan baik di Negara Indonesia yang seharusnya kita sebagai negara penghasil kopi dapat memproduksi dan menjual kopi yang lebih murah dan enak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah kapitalisme. Dalam kasus ini, Starbucks merupakan salah satu MNC yang mewakili para pemegang kapital dari Amerika Serikat. Kemudian, penulis akan membahas mengenai proses globalisasi dimana proses tersebut terjadi juga untuk menjalankan penerapan kapitalisme ke negara-negara di dunia. Penulis juga membahas mengenai konsumerisme karena menurut penulis, kapitalisme dan globalisasi memberikan dampak konsumerisme di Indonesia dalam hal ini karena adanya Starbucks sebagai MNC. Dalam menjelaskan fenomena penelitian penulis juga memakai Teori Kritis Mahzab Frankfurt. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui library research dan field research. Analisis akan diolah secara deskriptif. Setelah penelitian dilakukan ditemukan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia datang ke Starbucks dan membeli secangkir kopi untuk menaikan status sosial mereka bukan karena mereka penggemar kopi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Identifier : HI 17 059 Language : Indonesia Copyright : Attribution 4.0. International
Subjects: 600 Applied sciences & technology > 650 Management & public relations > 658 General Management
Library of Congress Subject Areas > Skripsi
Library of Congress Subject Areas > Skripsi


Library of Congress Subject Areas > Consumer behavior--Cross-cultural studies
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Hubungan Internasional
Depositing User: Rahman Pujianto
Date Deposited: 19 Jul 2018 05:14
Last Modified: 11 Apr 2020 10:13
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1000

Actions (login required)

View Item View Item