Analisis terhadap badan supervisi Bank Indonesia dalam sistem perbankan nasional

Aldis, Sausan (2012) Analisis terhadap badan supervisi Bank Indonesia dalam sistem perbankan nasional. Other thesis, Universitas Al Azhar Indonesia.

[img] Text (UAI) - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (0B)
Official URL: http://perpustakaan.uai.ac.id/index.php/cari/detai...

Abstract

Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah bahwa dalam perekonomian modern, setiap negara memiliki Bank Sentral atau setidak-tidaknya ada salah satu bank atau lembaga yang bertindak dan menjalankan fungsi bank sentral. Di Indonesia, fungsi Bank Sentral diselenggarakan oleh Bank Indonesia. Bank Indonesia adalah Bank Sentral Republik Indonesia, dengan tujuan mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah, yang akan dicapai melalui pelaksanaan kebijakan moneter secara berkelanjutan, konsisten, transparan, dan harus mempertimbangkan kebijakan umum pemerintah di bidang perekonomian. Penelitian ini membatasai tiga permasalahan, yaitu mengapa dibentuk Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI), bagaimana koordinasi antara Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI) dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan dengan Bank Indonesia (BI) dan bagaimana kinerja Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI) dalam menjalankan tugas-tugasnya. Dalam rangka menganalisis tiga permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan mencari keterangan dari buku-buku peraturan perundang-perundangan yang berhubungan dengan masalah penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa independensi Bank Indonesia dapat diimplementasikan secara kredibel, dengan cara aspek transparansi dan akuntabilitas Bank Indonesia kepada masyarakat dipertegas pengaturannya. Untuk mewujudkan pemikiran tersebut, dibentuklah Badan Supervisi Bank Indonesia yaitu badan yang bertugas untuk membantu Dewan Perwakilan Rakyat untuk melaksanakan fungsi pengawasan dibidang tertentu terhadap Bank Indonesia sebagai upaya meningkatkan akuntabilitas, independensi, transparansi dan krediblitas Bank Indonesia. Badan Supervisi Bank Indonesia ini sangatlah penting karena badan inilah yang akan bertugas melakukan pengawasan terhadap bidang tertentu, memberikan kajian terhadap laporan keuangan tahunan Bank Indonesia, telaahan terhadap anggaran operasional dan investasi Bank Indonesia, dan kajian atas prosedur pengambilan keputusan kegiatan operasional diluar kebijakan moneter dan pengelolaan aset Bank Indonesia. Berdasarkan pembahasan penelitian ini dirumuskan kesimpulan dengan disahkannya amandemen Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 menjadi Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia pada tanggal 15 Januari 2004, maka diamanatkanlah pembentukan Badan Supervisi Bank Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Identifier : HE 12 169 Language : Indonesia Copyright : Attribution 4.0. International
Subjects: [BACKUP] Library of Congress Subject Areas > Skripsi
[BACKUP] Library of Congress Subject Areas > Skripsi

[BACKUP] Library of Congress Subject Areas > Banks and banking--Law and legislation
[BACKUP] Library of Congress Subject Areas > Banks and banking--Law and legislation
Divisions: [BACKUP] University Structure > Universitas Al Azhar Indonesia > Universitas Al Azhar Indonesia - Fakultas Hukum
Depositing User: Rahman Pujianto
Date Deposited: 19 Jul 2018 05:04
Last Modified: 19 Jul 2018 05:04
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/628

Actions (login required)

View Item View Item