Maksum, Asep and Sundani, Faisal and Hadi, Kuncoro (2023) Analisis halal value business dan desain strategi daya saing UMKM berbasis pengetahuan ibu-ibu pengrajin emping melinjo di Pandeglang. Project Report. Fakultas Ekonomi dan Bisnis UAI, Jakarta. (Unpublished)
![]() |
Text (Article's Content)
ILS0313-23_Isi-Artikel.pdf - Draft Version Download (365kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis nilai kehalalan dalam suatu bisnis di UMKM berbasis pengetahuan ibu-ibu pada UMKM pengrajin emping melinjo di Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan memperoleh data primer melalui wawancara, observasi dan survei langsung ke lapangan. Data sekunder berasal dari jurnal, artikel dan buku sumber yang relevan. Populasi berasal dari ibu�ibu pengrajin emping melinjo di Pandeglang dengan sampel yang dipilih menggunakan metode purposing sample yang berasal ibu-ibu pengrajin emping melinjo dari Kecamatan Saketi dan Kecamatan Menes. Halal Value Business adalah konsep menghubungkan sebuah bisnis dalam koridor syariah mulai dari nilai, prinsip dan implementasinya dalam produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai Islam secara intangible telah memberikan pengaruh dalam perkembangan usaha UMKM emping melinjo, secara tangible perlunya suatu pemahaman strategi lebih kongkrit agar produk emping melinjo bisa bersaing di pasaran.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Halal Value Business; Islamic Value; Women Knowledge |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production, Industrial Economics 600 Applied sciences & technology > 650 Management & public relations > 658 General Management |
Divisions: | Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen |
Depositing User: | Rifda Jilan |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 21:52 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 21:53 |
URI: | http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/2378 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |