Peningkatan ketrampilan anak jalanan melalui hidroponik sederhana

Puspitasari, Riris Lindiawati and Pambudi, Arief and Effendi, Yunus and Hadela, Genta (2021) Peningkatan ketrampilan anak jalanan melalui hidroponik sederhana. Project Report. Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta. (Unpublished)

[img] Text (Research Report)
ILS0090-21_Isi-Laporan.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Tingginya angka putus sekolah yang dijumpai pada kelompok anak jalanan tidak jauh berbeda dengan kelompok anak jalanan secara umum atau anak-anak yang bekerja. Anak yang putus sekolah cenderung menghabiskan seluruh waktunya di jalanan. Perubahan wajah kota Depok telah berdampak pada munculnya anak jalanan yang kerap ditemui di jalan raya dan tempat keramaian lainnya. Mereka umumnya beraktivitas di perempatan jalan seperti di Jalan Margonda Raya, dengan melakukan kegiatan seperti mengamen, berdagang, meminta-minta, maupun menjual jasa membersihkan kaca kendaraan. Tidak sedikit dari mereka yang melakukan kegiatan tersebut sepulang dari sekolah untuk membantu mencari nafkah bagi keluarga. Namun, adapula yang memang telah putus sekolah dikarenakan tidak memiliki biaya cukup untuk melanjutkan pendidikannya. Berbekal pengetahuan apa adanya bahkan tidak cukup, anak-anak ini harus bekerja semaksimal mungkin untuk mencukupi kebutuhannya. Kondisi ini mendorong berdirinya Sekolah Masjid Terminal (Master) yang berlokasi di dekat terminal Depok. Keterbatasan sarana pembelajaran sains terapan, perlunya ketrampilan urban farming, keterbatasan media pembelajaran, dan perlunya pembekalan jiwa entrepreneur menjadi pendorong pelaksanaan kegiatan abdimas peningkatan ketrampilan anak jalanan melalui hidroponik sederhana. Melalui melatih ketrampilan berhidroponik diharapkan mitra dapat mempraktekkan, dapat memanfaatkan sayuran hasil panen hidroponik untuk kebutuhan keluarga dan dapat menghasilkan pendapatan ketika menjual hasil sayurannya. Metode pelatihan yang dilakukan yaitu dengan mengadakan pelatihan bagi anak jalanan peserta didik di Sekolah Master, mempraktekkan secara langsung hidroponik sayuran menggunakan peralatan sederhana, dan membuat kelompok untuk pendampingan. Luaran kegiatan yaitu adanya peningkatan ketrampilan peserta tentang hidroponik, publikasi di jurnal JPM atau seminar, video dan poster kegiatan. Hasil kagiatan yang telah dilakukan antara lain mengadakan pelatihan awal memperkenalkan hidroponik sederhana sayuran. Kegiatan ini dilakukan secara online dikarenakan adanya pembatasan. Peserta pelatihan berasal dari warga sekitar sekolah dan sebagian peserta didik dari tingkat sekolah menengah pertama. Hasil pelatihan yang diperoleh adalah peserta pelatihan mendapat informasi teknik hidroponik menggunakan peralatan sederhana. Kegiatan selanjutnya yang akan dilaksanakan adalah pendampingan praktek secara online melalui aplikasi komunikasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: community service, hydroponics, soft skill
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social problems & social services
600 Applied sciences & technology > 630 Agriculture > 631 Specific Techniques of Agriculture
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Biologi
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 23 Aug 2021 16:28
Last Modified: 23 Aug 2021 16:28
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1640

Actions (login required)

View Item View Item