AR, Abdullah Abadi Hafidz (2016) Upaya pemerintah Jepang dalam mensukseskan kebijakan visit japan campaign: studi kasus manga dan anime. Diploma thesis, Universitas Al Azhar Indonesia.
Text (UAI)
- Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (0B) |
Abstract
Gelembung ekonomi yang terjadi pada tahun 1990-an menyeret Jepang kedalam krisis ekonomi dan menyebabkan perekonomian Jepang terpuruk, pertumbuhan ekonomi Jepang dinilai stagnan, nyaris 0% setiap tahunnya. Visit Japan Campaign adalah kebijkan pemerintah Jepang yang ditujukan untuk mengembangkan pariwisata Jepang, sehingga dapat menopang perekonomian Jepang. Di sisi lain Jepang juga berusaha menyebarkan image positif Jepang melalui pop culture Jepang khususnya manga dan anime melalui kebijkan Cool Japan. Dua kebijakan tersebut diharapkan mampu untuk mengembangkan perekonomian Jepang. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah konsep soft power dan konsep pop culture. Yang berasumsi bahwa dengan soft power yang terdapat dalam pop culture Jepang mampu memberikan dampak yang positif bagi pertumbuhan perekonomian Jepang. Fokus penelitian ini akan menjelaskan bagaimana upaya pemerintah Jepang dalam mensukseskan kebijkan Visit Japan Campaign melalui pop culture khususnya manga dan anime. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanasi dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menjelaskan upaya-upaya pemerintah Jepang dalam mensukseskan kebijakan Visit Japan Campaign melalui manga dan anime sebagai daya tarik pariwisata Jepang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Identifier : HI 16 053 Language : Indonesia Copyright : Attribution 4.0. International |
Subjects: | Library of Congress Subject Areas > Skripsi Library of Congress Subject Areas > Skripsi |
Divisions: | Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Hubungan Internasional |
Depositing User: | Rahman Pujianto |
Date Deposited: | 19 Jul 2018 05:13 |
Last Modified: | 31 Mar 2020 11:02 |
URI: | http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/957 |
Actions (login required)
View Item |