Komersialisasi stereotip tubuh perempuan dalam studi fenomena kontes kecantikan Miss Earth

Marchelinda, Bonita (2015) Komersialisasi stereotip tubuh perempuan dalam studi fenomena kontes kecantikan Miss Earth. Diploma thesis, Universitas Al Azhar Indonesia.

[img] Text (UAI) - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (0B)
Official URL: http://perpustakaan.uai.ac.id/index.php/cari/detai...

Abstract

Penelitian ini mengangkat fenomena terkait komersialisasi stereotip tubuh perempuan dalam studi fenomena kecantikan Miss Earth. Kontes kecantikan yang dibentuk sejak tahun 2001 ini bertujuan untuk mencari seorang perempuan yang akan diberi gelar sebagai Miss Earth. Miss Earth ini diharapkan menjadi seorang panutan dalam tugasnya mempromosikan pelestarian lingkungan dan pariwisata. Namun, faktanya menunjukan bahwa kontes kecantikan ini lebih memfokuskan kepada tubuh para kontestannya, dibandingkan dengan mencari duta Miss Earth yang memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam mengolelola dan melestarikan lingkungan. Penelitian ini akan membahas tentang kontes kecantikan Miss Earth, sponsor dan kerjasama antara kontes kecantikan Miss Earth dengan Organisasi Internasional dan Pemerintah, stereotip tubuh perempuan dan biografi Duta Miss Earth, serta menunjukkan bagaimana kapitalisme mengkomersialisasi tubuh perempuan dan kritik terhadap praktek-praktek kapitalisme. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kapitalisme dan teori akumulasi kapital untuk menjelaskan bahwa sesungguhnya kapitalisme telah menjadikan tubuh perempuan khususnya duta Miss Earth dimanfaatkan sebagai sebuah objek yang dikomersialisasikan dan dieksploitasi oleh kapitalis untuk mendapatkan keuntungan. Metode yang digunakan adalah eksplanatif melalui penelitian kepustakaan yang berupaya memaparkan bahwa tubuh perempuan telah dijadikan objek praktek-praktek kapitalisme yang mengakumulasikan modalnya untuk mencari kentungan. Hasil dari peneltian ini menunjukan bahwa kontes kecantikan ini lebih mengutamakan stereotip tubuh perempuan dibandingkan kepada kepedulian terhadap lingkungan karena didalam kegiatan ini kapitalisme memiliki peran yang penting dalam berjalannya kontes ini. Kapitalis atau pemilik modal telah berinvestasi kedalam kontes kecantikan Miss Earth ini, memiliki peran ganda didalam kontes ini baik berperan untuk mendapatkan citra atau image yang positif tujuan bisnis untuk mencari keuntungan dengan mengkomersialisasi Miss Earth

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Identifier : HI 15 308 Language : Indonesia Copyright : Attribution 4.0. International
Subjects: Library of Congress Subject Areas > Skripsi
Library of Congress Subject Areas > Skripsi
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Hubungan Internasional
Depositing User: Rahman Pujianto
Date Deposited: 19 Jul 2018 05:12
Last Modified: 13 Apr 2020 13:23
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/903

Actions (login required)

View Item View Item