Tinjauan Yuridis Pengguna Jasa Ojek Online di Indonesia

Pratiwi, Elga Aldiani (2017) Tinjauan Yuridis Pengguna Jasa Ojek Online di Indonesia. Diploma thesis, Universitas Al Azhar Indonesia.

[img] Text (UAI) - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (0B)
Official URL: http://perpustakaan.uai.ac.id/index.php/cari/detai...

Abstract

Berkembangnya kehidupan masyarakat di Indonesia mengakibatkan meningkatnya kebutuhan akan layanan transportasi umum. Namun hal tersebut tidak diimbangi dengan penyediaan sarana angkutan umum yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal tersebutlah yang menjadi peluang bagi penyedia jasa ojek online dengan memberikan layanan ojek berbasis aplikasi yang lebih murah, cepat, dan mudah kepada konsumen.Maka dari itu pada penelitian ini yang menjadi pokok permasalahan adalah pertama, bagaimanakah pengaturan ojek online sebagai pengangkut orang dan/atau barang ditinjau dari peraturan perundang-undangan yang ada di Indonesia. Kedua, Bagaimana bentuk perlindungan konsumen terhadap pengguna jasa Ojek Online ditinjau dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan . Ketiga, Bagaimana bentuk pertanggungjawaban pelaku usaha Ojek Online terhadap konsumen dalam hal terjadinya kecelakaan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perlindungan konsumen terhadap pengguna jasa ojek online di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan secarayuridis normatif yaitu metode penelitian hukum yang dilakukan dengan meneliti bahan pustaka atau data sekunder.Hasil dari penelitian ini adalah pertama, bahwa belum ada regulasi mengenai ojek online di Indonesia dan mengakibatkan tidak adanya payung hukum mengenai ojek online sampai saat ini. Kedua, bentuk perlindungan konsumen terhadap pengguna jasa ojek online ditinjau dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terdapat didalam Pasal 19. Sedangkan menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 terdapat di dalam Pasal 234. Ketiga, bentuk pertanggungjawaban penyedia jasa ojek online kepada penumpang adalah dengan cara memberikan ganti rugi kepada penumpang yang mengalami kecelakaan dan setiap penumpang diberikan asuransi kecelakaan dari masing-masing perusahaan aplikasi penyedia layanan ojek online

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Identifier : HE 17 033 Language : Indonesia Copyright : Attribution 4.0. International
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 343 Military, defense, public property, public finance, tax, commerce (trade), industrial law
Library of Congress Subject Areas > Skripsi
Library of Congress Subject Areas > Skripsi

Library of Congress Subject Areas > Law
Library of Congress Subject Areas > Consumer protection--Law and legislation
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Hukum (FH) > Hukum Ekonomi Teknologi
Depositing User: Rahman Pujianto
Date Deposited: 19 Jul 2018 05:08
Last Modified: 27 Apr 2020 14:46
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/770

Actions (login required)

View Item View Item