Perlindungan hukum bagi konsumen tabung gas 3 Kg

Triyogo, Herendono (2011) Perlindungan hukum bagi konsumen tabung gas 3 Kg. Other thesis, Universitas Al Azhar Indonesia.

[img] Text (UAI) - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (0B)
Official URL: http://perpustakaan.uai.ac.id/index.php/cari/detai...

Abstract

Konsumen selain mendapatkan perlindungan dengan kebijakan komplementer (memberikan informasi), juga harus dilindungi dengan kebijakan kompensatoris (meminimalisasi risiko yang harus ditanggung konsumen), yaitu dengan mencegah beredarnya produk di pasar yang tidak lulus pengujian atau menarik produk tersebut yang sudah terlanjut beredar di pasar. Namun, dalam kenyataannya kepentingan konsumen tersebut tetap terabaikan. Hal ini terlihat dari banyaknya produk yang tidak lulus uji seperti tabung gas 3 Kg beserta perangkatnya (selang dan regulator) beredar di pasar, sehingga mengakibatkan kerugian konsumen berupa kehilangan nyawa dan harta benda akibat ledakan produk tabung gas 3 Kg tersebut. Dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen mengatur secara tegas mengenai tanggung jawab perusahaan, perlindungan hukum, dan upaya hukum bagi konsumen. Masalah yang akan dikaji meliputi bagaimana tanggung jawab pelaku usaha LPG tabung gas 3 Kg jika terjadi kerugian yang diderita konsumen akibat kesalahan pelaku usaha, bagaimana perlindungan hukum yang diberikan kepada konsumen menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dan upaya hukum apa yang dapat dilakukan konsumen pengguna LPG tabung gas 3 Kg akibat kebocoran dan ledakan tabung gas 3 Kg. Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode yuridis normatif. Metode yuridis normatif ini digunakan dengan maksud untuk mengadakan pendekatan terhadap masalah dengan cara melihat dari segi peraturan perundang-undangan yang berlaku, dokumen-dokumen dan berbagai teori. Hasil analisis penelitian disimpulkan bahwa, dari ledakan tabung gas 3 Kg merupakan tanggung jawab pelaku usaha dalam hal ini Pertamina sebagai badan yang ditunjuk Pemerintah dalam penyediaan dan penyaluran LPG. Perlindungan hukum bagi konsumen tabung gas 3 Kg adalah terkait dengan pertanggungjawaban Pertamina yang harus dilakukan dengan baik agar hak konsumen sebagaimana diatur dalam Pasal 4 huruf a yaitu hak atas kenyamanan, keamanan, keselamatan dalam menggunakan tabung gas 3 Kg bisa terpenuhi, dan kewajiban Pertamina terhadap penjelasan penggunaan, perbaikan dan pemeliharaan sesuai Pasal 7 huruf b tabung gas bisa terlaksana. Selain itu, untuk mendapatkan ganti rugi yang sesuai, maka konsumen dapat melakukan upaya hukum melalui jalur pengadilan (litigation) dan upaya hukum di luar pengadilan (non litigation) melalui BPSK. Penentuan pemilihan upaya tersebut, konsumen dapat melihat dari kelebihan dan kekurangan dari masing-masing upaya hukum tersebut, sehingga masyarakat dapat menilai mana yang lebih efektif dan efisien. Mengingat adanya keterlibatan beberapa Kementerian untuk mensukseskan program konversi gas ini, berarti tanggung jawab tidak dapat dibebankan seluruhnya kepada Pertamina. Pemerintah dan Pertamina harus berusaha untuk menyelesaikan permasalahan ledakan tabung gas 3 Kg ini.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Identifier : HE 11 094 Language : Indonesia Copyright : Attribution 4.0. International
Subjects: Library of Congress Subject Areas > Skripsi
Library of Congress Subject Areas > Skripsi

Library of Congress Subject Areas > Consumer protection--Indonesia
Divisions: University Structure > Universitas Al Azhar Indonesia > Universitas Al Azhar Indonesia - Fakultas Hukum
Depositing User: Rahman Pujianto
Date Deposited: 19 Jul 2018 05:03
Last Modified: 19 Jul 2018 05:03
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/581

Actions (login required)

View Item View Item