Ardiwinata, Daeng Syam Rizal (2009) Tanggung jawab maskapai penerbangan niaga atas kerugian yang diderita oleh konsumen. Diploma thesis, Universitas Al Azhar Indonesia.
Text (UAI)
- Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (0B) |
Abstract
Dalam praktik selama ini, bila terjadi suatu kerugian pada penumpang atau kecelakaan pesawat udara pembayaran kompensasi kepada para korban selalu diberikan tanpa permasalahan ada atau tidaknya unsur kesalahan dari pihak pengangkut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan tanggung jawab maskapai penerbangan niaga atas kerugian yang diderita konsumen, untuk mengetahui fakta-fakta apakah yang mempengaruhi lahirnya undang-undang penerbangan yang baru dan tantangannya, untuk mengetahui tanggung jawab perdata penyelenggara jasa msakapai penerbangan niaga Indonesia terhadap konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode yuridis normatif berdasarkan data primer dan sekunder. berdasarkan peneltiian, diperoleh kesimpulan bahwa pengaturan tanggung jawab jasa maskapai penerbangan terhadap kerugian yang diderita oleh konsumen diatur dalam konvensi Warsawa dan UU no.1 tahun 2009 pengganti UU no.5 tahun 1992 yang dinilai kurang memenuhi kebutuhan masyarakat pengguna jasa penerbangan saat ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Identifier : HE 09 047 Language : Indonesia Copyright : Attribution 4.0. International |
Subjects: | Library of Congress Subject Areas > Skripsi Library of Congress Subject Areas > Skripsi Library of Congress Subject Areas > Consumer protection Library of Congress Subject Areas > Flight |
Divisions: | Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Hukum (FH) > Hukum Ekonomi Teknologi |
Depositing User: | Rahman Pujianto |
Date Deposited: | 19 Jul 2018 05:02 |
Last Modified: | 10 Apr 2020 10:05 |
URI: | http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/539 |
Actions (login required)
View Item |