Nurhasanah, Nunung and Fadlilah, Siti Nur (2008) Pemodelan strategi pemasaran produk barang jadi tekstil berdasarkan pendekatan simulasi sistem dinamik pada industri kecil menengah di Kota Bogor. In: Proceeding of The 5th Indonesian Symposium on Analytic Hierarchy Process (INSAHP5). Universitas Diponegoro, Semarang, pp. 1-10. ISBN 978-979-97571-4-2
Text (Article's Content)
ILS0291-23_Isi-Artikel.pdf - Published Version Download (199kB) |
|
Text (Similarity Check)
ILS0291-23_Cek-Turnitin.pdf - Supplemental Material Download (1MB) |
|
Text (Cover & Table of Content)
ILS0291-23_Halaman-Awal.pdf - Published Version Download (331kB) |
Abstract
Pertumbuhan Industri Kecil Menengah (IKM) hingga saat ini terus meningkat, berdasarkan data dari Departemen Perindustrian (2004) dinyatakan jumlah IKM pada tahun 2002 adalah 2,55 juta unit usaha dan pada tahun 2003 meningkat menjadi 3 juta unit usaha. Berarti telah terjadi laju pertumbuhan IKM sebesar 15% pertahun. Sehingga hal ini menunjukkan tingginya persaingan yang terjadi di antara IKM. Kemampuan IKM dalam persaingan di dunia industri tidak terlepas dari kemampuan penerapan strategi pemasaran yang digunakan. Strategi pemasaran merupakan salah satu kunci keberhasilan IKM dalam meningkatkan jumlah penjualan produknya. Berdasarkan data dari Departemen Perindustrian (2004) diketahui bahwa IKM produk barang jadi tekstil memiliki laju pertumbuhan ekspor tertinggi, yaitu sebesar 23,49% pertahun. Hal ini menunjukkan bahwa IKM produk barang jadi tekstil merupakan suatu industri yang potensial untuk terus dijaga keberlangsungan hidupnya. Akan tetapi yang menjadi permasalahan IKM produk barang jadi tekstil adalah lemahnya kekontinyuan keberadaan industri tersebut. Beberapa industri yang muncul tidak mempunyai siklus hidup bisnis yang lama, salah satu faktor penyebabnya adalah ketidak mampuan IKM dalam meningkatkan penjualan karena lemahnya strategi pemasaran. Berdasarkan hal-hal tersebut diatas, maka penelitian tentang pemodelan strategi pemasaran untuk IKM sangat penting untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kebijakan strategi pemasaran produk barang jadi tekstil Industri Kecil Menengah di Kota Bogor berdasarkan pendekatan simulasi sistem dinamik yang dibantu oleh perangkat lunak Power Simulation. Pengolahan data dilakukan dengan memetakan posisi IKM dengan menggunakan pendekatan Matriks BCG (Boston Consulting Group) dimana posisi IKM sebagai obyek penelitian tersebut akan terpetakan kedalam posisi Bintang (Star), Sapi Perah (Cash Cow), Tanda tanya (Question Mark) dan Anjing (Dogs). Sebelumnya, perusahaan IKM akan ditentukan prioritasnya sebagai perusahaan yang akan dijadikan obyek penelitian dengan menggunakan pendekatan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (AHP) Kemudian dilakukan formulasi strategi pemasaran yang sesuai dengan posisi industri dapat ditentukan dengan menggunakan strategi Bauran Pemasaran yang dikembangkan oleh Phillip Kotler. Setelah ditetapkan masing-masing formulasi strategi bauran pemasarannya, maka langkah selanjutnya adalah memodelkan strategi pemasarannya dengan menggunakan simulasi sistem dinamis yang dikembangkan oleh Forrester, dan beberapa referensi yang diambil dari business dynamic oleh John F. Sterman, dan membuat beberapa alternatif kebijakan strategi pemasaran. Kemudian pemilihan kebijakan strategi pemasaran terbaik, dengan kriteria yang telah ditetapkan.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Additional Information: | Dipresentasikan dalam Seminar Nasional "The 5th Indonesian Symposium on Analytic Hierarchy Process (INSAHP5)" pada Rabu, 14 Mei 2008 di Kampus UNDIP Tembalang, Semarang. |
Uncontrolled Keywords: | IKM; fuzzy AHP; marketing strategy |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production, Industrial Economics 600 Applied sciences & technology > 650 Management & public relations > 658 General Management |
Divisions: | Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Teknik Industri |
Depositing User: | Rifda Jilan |
Date Deposited: | 05 Aug 2023 04:00 |
Last Modified: | 05 Aug 2023 06:28 |
URI: | http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/2356 |
Actions (login required)
View Item |