Hidayat, Rizal Adhitya (2017) Memahami persoalan perbatasan melalui sudut pandang pendekatan studi keamanan Copenhagen School dan Aberystwyth/Welsh School. In: Prosiding Vennas AIHII. Asosisasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia, Samarinda, pp. 228-241. ISBN 977-254-96688-8-1
Text (Article's Content)
ILS0251-23_Isi-Artikel.pdf - Published Version Download (252kB) |
|
Text (Plagiarism Check)
ILS0251-23_Cek-Turnitin.pdf - Supplemental Material Download (1MB) |
|
Text (Cover, Preface, Table of Content)
ILS0251-23_Halaman-Awal.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Full Proceeding)
ILS0251-23_Full-Prosiding.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tulisan ini ingin menggambarkan persoalan perbatasan yang dikonstruksi melalui pendekatan studi keamanan, dimana saat ini mengalami pergeseran pemahaman ontologis akan makna konsep keamanan. Muara persoalannya sebenarnya hanya satu, yaitu bagaimana memahami persoalan perbatasan melalui sudut pandang pendekatan studi keamanan. Artinya, persoalan hakiki perbatasan adalah persoalan terwujudnya keamanan militer dan nirmiliter perbatasan, yang menyimpan berbagai aspek kebutuhan kehidupan dari para aktor yang berkepentingan dengan keamanan perbatasan tersebut. Melalui pendekatan studi keamanan Copenhagen School dan Aberystwyth School, pada akhirnya peran negara tetap dibutuhkan dalam menyelenggarakan aspek-aspek kehidupan masyarakat di perbatasan dalam rangka menjamin terwujudnya kebebasan masyarakat dari ancaman keamanan yang berdimensi internal maupun eksternal terhadap kedaulatan wilayah, harga diri, integritas maupun tata kelola manajemen nasional.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Additional Information: | Tulisan ini dipresentasikan dalam "Konvensi Nasional Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia VIII" pada tanggal 10 Oktober 2017 di Samarinda, Kalimantan Timur; Hasil TURNITIN mengecualikan 30% konten yang berasal dari https://intermestic.unpad.ac.id/index.php/intermestic/article/view/25 dan menggunakan filter sebesar 3% sesuai batas yang diperbolehkan dalam "Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Akademik/Pangkat Dosen" (http://lldikti12.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2019/03/PO-PAK-2019_MULAI-BERLAKU-APRIL-2019.pdf) hlm. 23-25. |
Uncontrolled Keywords: | Keamanan Perbatasan; Keamanan Militer; Keamanan Nirmiliter; Copenhagen School; Aberystwyth School |
Subjects: | 300 Social sciences > 320 Political science |
Divisions: | Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Hubungan Internasional |
Depositing User: | Rifda Jilan |
Date Deposited: | 26 May 2023 07:38 |
Last Modified: | 26 May 2023 08:18 |
URI: | http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/2316 |
Actions (login required)
View Item |