Meita, Lara and Hidayat, Rizal Adhitya (2021) Peran idol k-pop BTS sebagai representasi diplomasi nation branding Korea Selatan dalam kerja sama internasional terhadap Amerika Serikat. Prosiding Vennas AIHII, 11. pp. 589-601. ISSN 2549-6689
Text (Article's Content)
ILS0249-23_Isi-Artikel.pdf - Published Version Download (314kB) |
|
Text (Plagiarism Check)
ILS0249-23_Cek-Turnitin.pdf - Supplemental Material Download (1MB) |
|
Text (Cover, Preface, Table of Content)
ILS0249-23_Halaman-Awal.pdf - Published Version Download (529kB) |
|
Text (Full Proceeding)
ILS0249-23_Full-Prosiding.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tulisan ini berangkat dari fenonema internasionalisasi nation branding Korea Selatan dalam kerja sama internasional-nya terhadap Amerika Serikat melalui diplomasi budaya K-Pop. Korea Selatan terus melakukan berbagai upaya terhadap pengembangan diplomasi budaya K- pop melalui keterwakilan Bangtan Sonyeondan (BTS). BTS Sebagai brand ambassador idol K-pop telah banyak berkontribusi dalam penyebaran budaya Korea Selatan di seluruh penjuru dunia. Hal ini dapat dilihat dari kehadiran BTS sebagai perwakilan Pemerintah Korea Selatan di sidang PBB ke-76 mengenai kondisi pandemi covid-19, di samping melakukan perform di gedung PBB guna menghibur dan memotivasi masyarakat dunia juga bekerja sama dengan Amerika Serikat untuk melakukan branding BTS-Mc.Donald. Oleh karena itu, tulisan ini menekankan pada permasalahan latar belakang BTS menjadi representasi nation branding yang kuat di Korea Selatan dalam meningkatkan kerja sama internasional-nya dengan Amerika Serikat. Pendekatan konseptual yang digunakan dalam tulisan ini menggunakan relasi Brand Ambassador dan nation branding sebagai bagian dari diplomasi budaya dalam bingkai pendekatan konstruktivisme sosial. Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif berdasarkan analisis data dari berbagai literatur kepustakaan yang relevan dengan fenomena permasalahan maupun pendekatan konseptual yang digunakan dalam tulisan ini. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa sebagai keterwakilan brand ambassador Korea Selatan dalam internasionalisasi budaya K-Pop. Maka peran BTS dalam hal ini memberikan representasi identitas dan kepentingan diplomasi nation branding Korea Selatan melalui diplomasi budaya dalam rangka penguatan kerja sama internasional-nya terhadap Amerika Serikat.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Tulisan ini dipresentasikan dalam "Konvensi Nasional Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia" pada tanggal 15-16 November 2021 di Yogyakarta, Indonesia. |
Uncontrolled Keywords: | Bangtan Sonyeondan (BTS); Brand Ambassador; Nation Branding; Cultural Diplomacy; Social Constructivism |
Subjects: | 300 Social sciences > 320 Political science > 327 International Relations 600 Applied sciences & technology > 650 Management & public relations > 658 General Management 600 Applied sciences & technology > 650 Management & public relations > 659 Advertising And Public Relations |
Divisions: | Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Hubungan Internasional |
Depositing User: | Rifda Jilan |
Date Deposited: | 26 May 2023 07:52 |
Last Modified: | 26 May 2023 08:09 |
URI: | http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/2314 |
Actions (login required)
View Item |