Evaluasi program merdeka belajar kampus merdeka mandiri prodi biologi Universitas Al Azhar Indonesia: studi kasus respon mahasiswa

Wijihastuti, Risa Swandari and Perdana, Analekta Tiara and Pambudi, Arief and Alamsyah, Firman and Puspitasari, Riris Lindiawati and Effendi, Yunus and Fauzia, Nurul and Dianita, Adinda Citra (2022) Evaluasi program merdeka belajar kampus merdeka mandiri prodi biologi Universitas Al Azhar Indonesia: studi kasus respon mahasiswa. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 3 (2). pp. 77-81. ISSN 2745-5920

[img] Text (Article's Content)
ILS0212-23_Isi-Artikel.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (Plagiarism Check)
ILS0212-23_Cek-Turnitin.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)
Official URL: https://jurnal.uai.ac.id/index.php/JAISS/article/v...

Abstract

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan salah satu program yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Program tersebut terdiri dari 8 kegiatan yang dapat mengasah kompetensi hard skills maupun soft skills mahasiswa. Beberapa kegiatan Program MBKM telah dilakukan di Program Studi Biologi Universitas Al-Azhar Indonesia (Prodi Biologi UAI), yaitu program pertukaran pelajar, program asistensi mengajar dan program magang bersertifikat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hasil evaluasi respons mahasiswa terhadap Program MBKM mandiri Prodi Biologi UAI. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan survey untuk mengetahui respons dari mahasiswa baik yang belum dan sudah melaksanakan Program MBKM. Hasil evaluasi respons mahasiswa menunjukan bahwa mahasiswa Prodi Biologi UAI sering mendengar istilah MBKM dan mengetahui bahwa Prodi Biologi UAI menyelenggarakan Program MBKM. Sebagian mahasiswa Prodi Biologi UAI yang belum mengikuti Program MBKM sangat berminat untuk bergabung, dan mahasiswa yang telah mengikuti Program MBKM merasa sangat puas dan ingin mengikuti program lainnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: MBKM; Al Azhar University Biology Study Program; Response; Teaching and Learning
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher Education, Universities
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Biologi
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 03 May 2023 06:53
Last Modified: 03 May 2023 06:56
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/2274

Actions (login required)

View Item View Item