Edukasi gizi seimbang melalui media buku cerita digital bagi orang tua anak usia dini

Fitria, Nila (2022) Edukasi gizi seimbang melalui media buku cerita digital bagi orang tua anak usia dini. In: Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat 2022 (Sendamas22). UAI Press, Jakarta, p. 234. ISBN 978-623-97616-5-3

[img] Text (Article's Content)
ILS0093-22_Isi-Artikel.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (Cover, Preface, Table of Contents)
ILS0093-22_Halaman-Awal.pdf - Published Version

Download (468kB)
[img] Text (Full Proceeding)
ILS0093-22_Full-Prosiding.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
Official URL: https://lp2m.uai.ac.id/seminar-nasional-pemberdaya...

Abstract

TK Raudlatul Azhar sebagai mitra pengabdian masyarakat yang terletak di Jalan Sukarela 1 Komplek Al Azhar Rt 02 Rw 06, Kreo kecamatan Larangan kota Tangerang. Salah satu lembaga kerjasama dengan PG PAUD UAI. Layanan Pendidikan anak usia dini yang diberikan dari anak usia 3-6 tahun. Berdiri sejak tahun 1993 atas inisiasi Ibu-Ibu di komplek Al Azhar yang peduli akan buta huruf. TK Raudlatul Azhar yang berada di daerah padat penduduk dengan Pendidikan orang tua murid yang relative beragam. Mayoritas pekerjaan orang tua murid TK Raudlatul Azhar bekerja sebagai pedagang. Khususnya pedagang tekstil. Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 30 tahun 2017 tentang Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan salah satu tujuan pelibatan keluarga pada penyelenggaran Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kepedulian keluarga terhadap Pendidikan anak. Dalam hal ini keluarga harus peduli dengan Pendidikan anak. Pentingnya peran keluarga dalam keberlangsuangan anak melaksanakan pendidikan. Menurut Peraturan Presiden Nomor 60 tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif pada pasal 2 ayat 2, Tujuan khusus Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif adalah: a. terpenuhinya kebutuhan esensial anak usia dini secara utuh meliputi kesehatan dan gizi, rangsangan pendidikan, pembinaan moral- emosional dan pengasuhan sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai kelompok umur; Berdasarkan peraturan inilah penting perang keluarga akan kebutuhan gizi anak usia dini dalam melaksanakan Pendidikan. Solusi yang diberikan kepada orang tua murid TK Raudlatul Azahar melalui kegiatan pengabdian masayarakat yang didanai oleh LP2M pada program prime public service grant. Bentuk solusi yang diberikan adalah Penyuluhan tentang Gizi Seimbang melalui buku cerita digital. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan orang tua tentang gizi seimbang melalui buku cerita digital. Dimana buku cerita digital tersebut dapat diceritak kembali kepada anak usia dini. Selain itu, solusi yang diberikan berupa penyuluhan tentang kesehatan anak usia dini. Hal ini dapat meningkatkan pengetahuan orang tua tentang kesehatan anak. Target dari kegiatan ini orang tua dapat mengukur status gizi anak dengan height chart serta memiliki keterampilan dalam membuat menu gizi seimbang yang diberikan kepada anak. Luaran dari kegiatan pengabdian masyarakat ini dipublikasikan dalam bentuk artikel pengabdian masyarakat. Selain itu luaran dari kegiatan pengabdian ini berupa buku cerita digital dan height chart yang di HKI-kan.

Item Type: Book Section
Additional Information: Artikel ini terdapat dalam prosiding dari "Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat 2022 (Sendamas22)" yang terselenggara pada tanggal 08 Maret 2022 pukul 08.30-16.00 WIB di Jakarta.
Uncontrolled Keywords: nutrition; story book; parents; parenting; childhood education; psychology
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary Education
600 Applied sciences & technology > 610 Medicine & health > 613 Personal Health, Hygiene
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Psikologi dan Pendidikan (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 22 Aug 2022 08:59
Last Modified: 01 Nov 2022 04:24
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1888

Actions (login required)

View Item View Item