Persepsi khalayak mengenai special event bumi rumah kita dalam meningkatkan public awareness

Hasna, Safira (2021) Persepsi khalayak mengenai special event bumi rumah kita dalam meningkatkan public awareness. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, 5 (1). pp. 49-55. ISSN 2615-7179

[img] Text (Article's Content)
ILS0118-22_Isi-Artikel.pdf - Published Version

Download (284kB)
[img] Archive (Peer Review)
ILS0118-22_Penilaian-Sejawat.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)
Official URL: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/perspektif/arti...

Abstract

Dengan berkembangnya konsep pemasaran ke arah pemasaran sosial; event banyak digunakan untuk berbagai tujuan; Special event memberikan pengalaman pengunjung yang menyenangkan; pengalaman menawarkan peluang tambahan untuk mengkomunikasikan perhatian pada isu-isu yang dibawa oleh pemasaran sosial yaitu untuk perubahan perilaku yang bermanfaat bagi masyarakat luas contohnya perilaku ramah lingkungan. Sejauh Mata Memandang; sebagai brand fashion menggunakan tekstil daur ulang yang terbuat dari limbah pra-konsumsi yang diproses menjadi bahan baru sehingga sifatnya ramah lingkungan memiliki tagline kampanye #sejauhmanakamupeduli yang berguna untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran publik terhadap isu lingkungan. Untuk meningkatkan kesadaran publik akan isu lingkungan; kampanye pemasaran sosial yang digunakan oleh Sejauh Mata Memandang adalah dengan mengadakan special event berupa public exhibition ‘Bumi Rumah Kita’. Inisiatif Sejauh Mata Memandang (SMM) dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan kondisi sampah; khususnya sampah tekstil; ditunjukkan dalam pameran tersebut. Oleh karena itu; penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana persepsi khalayak mengenai special event Bumi Rumah Kita yang diselenggarakan oleh Sejauh Mata Memandang dalam meningkatkan public awareness. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam kepada pengunjung pameran Bumi Rumah Kita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi khalayak mengenai special event Bumi Rumah Kita dapat membuat pengunjung lebih sadar akan isu lingkungan dan pengelolaan limbah / sampah. Kampanye yang disampaikan melalui special event dapat membantu terciptanya tujuan pemasaran sosial Sejauh Mata Memandang (SMM) sebagai produk tekstil berkelanjutan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran publik terhadap isu lingkungan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Campaign; Public Awareness; Social Marketing; Special Event
Subjects: 300 Social sciences > 300 Social sciences, sociology & anthropology
300 Social sciences > 380 Commerce, communications & transportation > 384 Communications (Telemunications)
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 03 Aug 2022 14:21
Last Modified: 03 Aug 2022 14:21
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1870

Actions (login required)

View Item View Item