Impression management komunitas daring

Arindita, Ruvira and Nasucha, Muchammad and Arifah, Nursalsa and Lubna, Shafiyya (2021) Impression management komunitas daring. Jurnal Komunikasi Global, 1 (10). pp. 54-76. ISSN 2614-7998

[img] Text (Article's Content)
ILS0104-22_Isi-Artikel.pdf - Published Version

Download (434kB)
[img] Archive (Peer Review)
ILS0104-22_Penilaian-Sejawat_Ruvira Arindita.pdf - Supplemental Material

Download (824kB)
[img] Text (Plagiarism Check)
ILS0104-22_Cek-Turnitin.pdf - Supplemental Material

Download (4MB)
Official URL: http://jurnal.unsyiah.ac.id/JKG/article/view/19934

Abstract

Beragam tantangan yang dihadapi ibu masa kini membuat keberadaan komunitas mendapat sambutan hangat. Halo Ibu sebagai komunitas berbasis media daring hadir sebagai tempat bagi ibu saling berbagi dan mendukung. Dalam menjaga eksistensinya, komunitas membutuhkan hubungan baik dengan stakeholder. Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan mengetahui impression management yang dilakukan komunitas dalam membangun hubungan dengan stakeholder. Konsep utama yang digunakan adalah impression management, stakeholder relations theory, dan komunitas. Metode pengumpulan data dilakukan melalui in-depth interview dengan pendiri dan anggota komunitas. Penelitian ini menemukan bahwa panggung depan terjadi di Instagram, website, Youtube dan Grup WhatsApp, sementara panggung belakang terjadi saat rapat komunitas. Stakeholder komunitas terbagi menjadi stakeholder utama (ibu) dan stakeholder pendukung (brand, komunitas lain serta selebriti). Strategi impression management dilakukan berbeda untuk kedua stakeholder. Kepada stakeholder utama diterapkan strategi ingratiation, exemplification serta self-supplication. Kemudian strategi self promotion dan exemplification dilakukan pada stakeholder pendukung. Penelitian menyimpulkan bahwa ibu menjadi stakeholder yang paling diprioritaskan dalam upaya impression management. Keberadaan anggota komunitas yang aktif dan suportif menjadi kunci untuk menarik stakeholder pendukung agar bekerja sama.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: impression management; community; stakeholder relations
Subjects: 100 Philosophy & psychology > 150 Psychology
300 Social sciences > 300 Social sciences, sociology & anthropology
300 Social sciences > 300 Social sciences, sociology & anthropology > 307 Communities
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Anita Perpustakaan UAI
Date Deposited: 07 Jul 2022 08:45
Last Modified: 29 Mar 2023 09:59
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1856

Actions (login required)

View Item View Item