Pemberdayaan ibu PKK Rawa Badak dalam mengkolaborasikan UKM dengan merchant Grab Food

Nissa, Khairun and Samiono, Bambang Eko (2022) Pemberdayaan ibu PKK Rawa Badak dalam mengkolaborasikan UKM dengan merchant Grab Food. In: Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat 2022 (Sendamas22). UAI Press, Jakarta, pp. 107-113. ISBN 978-623-97616-5-3

[img] Text (Article's Content)
ILS0062-22_Isi-Artikel.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (Cover, Preface, Table of Contents)
ILS0062-22_Halaman-Awal.pdf - Published Version

Download (468kB)
[img] Text (Full Proceeding)
ILS0062-22_Full-Prosiding.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
Official URL: https://lp2m.uai.ac.id/seminar-nasional-pemberdaya...

Abstract

PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) memiliki fungsi untuk mewujudkan keluarga yang sehat, sejahtera, maju dan mandiri. Di berbagai Kelurahan terdapat program gerakan PKK yang biasa terdiri dari Ibu-ibu. Ibu PKK RT 008 RW 009 di Kelurahan Rawa Badak Utara Kecamatan Koja, Jakarta Utara. terdapat 11 orang. Ibu PKK memiliki fungsi untuk menciptakan adanya kesejahteraan. Pada permasalahan ini Ibu PKK ingin membantu adanya peningkatan pendapatan dalam produktivitas para warga yang memiliki UKM. Permasalahan utama yang mereka hadapi yaitu: Masalah kurangnya pengetahuan Ibu PKK dalam mengenal digital marketing seperti Grab Food. Solusi yang diberikan adalah berupa Pelatihan tata cara dalam memanfaatkan Grab Food yang dikolaborasikan pada UKM bersama tim KKN agar para Ibu PKK dapat berkontribusi membantu para warga memahami pentingnya digital marketing sebagai faktor dalam peningkatan pendapatan rumah tangga di masa pandemi Covid 19. Metode pemberdayaan pelatihan dan praktek yang diimplementasikan terhadap 11 anggota Ibu PKK selama 37 hari. Hasil kegiatan ini menambah wawasan para Ibu PKK dalam meningkatkan kesejahteraan pada aspek perekonomian. Evaluasi yang dilakukan diperoleh hasil positif berdasarkan survey sebesar 100% bahwa antusias Ibu PKK dapat meningkatkan pengetahuan serta juga kepuasan para pelaku UKM dalam memanfaatkan Grab Food sebagai cara meningkatkan pendapatan.

Item Type: Book Section
Additional Information: Artikel ini terdapat dalam prosiding dari "Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat 2022 (Sendamas22)" yang terselenggara pada tanggal 08 Maret 2022 pukul 08.30-16.00 WIB di Jakarta.
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing; Grab Food; Social Group; Community
Subjects: 300 Social sciences > 300 Social sciences, sociology & anthropology > 305 Social Groups
300 Social sciences > 380 Commerce, communications & transportation
600 Applied sciences & technology > 650 Management & public relations > 658 General Management
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:56
Last Modified: 01 Nov 2022 03:27
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1850

Actions (login required)

View Item View Item