Pengenalan dan pelatihan computational thinking untuk guru dan siswa SD-SMP di Jabodetabek

Safitri, Riri and Jamal, Ade and Hermawan, Denny and Supriyanto, Arif (2022) Pengenalan dan pelatihan computational thinking untuk guru dan siswa SD-SMP di Jabodetabek. In: Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat 2022 (Sendamas22). UAI Press, Jakarta, pp. 1-7. ISBN 978-623-97616-5-3

[img] Text (Article's Content)
ILS0044-22_Isi-Artikel.pdf - Published Version

Download (708kB)
[img] Text (Cover, Preface, Table of Contents)
ILS0044-22_Halaman-Awal.pdf - Published Version

Download (468kB)
[img] Text (Full Proceeding)
ILS0044-22_Full-Prosiding.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
Official URL: https://lp2m.uai.ac.id/seminar-nasional-pemberdaya...

Abstract

Perkembangan dan peningkatan pemanfaatan Teknologi (ICT) saat ini semakin pesat. Era transformasi digital, industry 4.0 dan Society 5.0 mengharuskan pemanfaatan IT hampir di seluruh aspek kehidupan. Hal ini mengharuskan kompetensi SDM meningkat, khususnya di bidang ICT. Hal ini juga yang mendasari penambahan kompetensi siswa dari 4C menjadi 6C yang dicanangkan oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan. Salah satu kompetensi yang ditambah adalah Computational Thinking (CT). CT merupakan kemampuan komprehensif dalam memecahkan persoalan, untuk mencari solusi yang efisien, efektif dan optimal di era digital, dimana solusi permasalahan akan membutuhkan bantuan IT untuk menghasilkan solusi yang cepat, akurat dan kreatif. Permasalahan yang dihadapi mitra saat ini adalah masih kurangnya pemahaman guru dan siswa mengenai CT, sehingga, perlu adanya pengenalan dan pelatihan CT kepada siswa, khususnya tingkat SD dan SMP serta membekali guru dengan konsep, materi dan resources mengenai CT yang nantinya diberikan kepada siswa di sekolah. Pelaksanaan kegiatan dibagi dalam 3 tahap, yaitu workshop dan pelatihan CT kepada siswa SD dan SMP serta webinar dan pelatihan CT untuk guru. Kegiatan terakhir adalah mengikutsertakan siswa dalam kegiatan Tantangan Bebras, sebuah ajang kompetisi CT global yang diselenggrakan secara serentak di 56 negara termasuk di Indonesia. Kegiatan ini sekaligus sebagai evaluasi keberhasilan pelatihan yang dilakukan, yaitu banyaknya siswa yang mengikuti Tantangan Bebras dan peringkatnya di tingkat nasional. Kegiatan abdimas ini berjalan dengan lancar, dengan jumlah peserta sebanyak 874 peserta untuk semua rangkaian kegiatan. Jumlah siswa yang mengikuti Tantangan Bebras sebanyak 358 siswa dari tingkat SD, SMP dan SMA, dengan peringkat tertinggi yang diperoleh adalah peringkat 10 besar di tingkat SMP dan peringkat 25 besar di tingkat SD di tingkat nasional.

Item Type: Book Section
Additional Information: Artikel ini terdapat dalam prosiding dari "Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat 2022 (Sendamas22)" yang terselenggara pada tanggal 08 Maret 2022 pukul 08.30-16.00 WIB di Jakarta.
Uncontrolled Keywords: computational thinking; problem-solving; digital transformation
Subjects: 000 Computer science, information & general works > 000 Computer Science, Information, General Works
000 Computer science, information & general works > 020 Library & information sciences > 025 Operations, Archieves, Information Centers
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Teknik Informatika
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 03 Jul 2022 14:56
Last Modified: 01 Nov 2022 02:56
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1832

Actions (login required)

View Item View Item