Analisis evaluasi program pendidikan dan pelatihan guru bahasa mandarin lokal di Tiongkok studi kasus Indonesia

Ansori, Feri and Dewi, Anitasa (2019) Analisis evaluasi program pendidikan dan pelatihan guru bahasa mandarin lokal di Tiongkok studi kasus Indonesia. Discussion Paper. Program Studi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok Universitas Al-Azhar Indonesia, Jakarta. (Submitted)

[img] Text (Research Report)
ILS0033-22_Isi-Laporan.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Pusat Bahasa Mandarin Universitas Al Azhar Indonesia (PBM UAI) dan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia pada kurun waktu tahun 2016-2018. Penulis menggunakan metode wawancara, menyebar kuisioner, serta monitoring pembelajaran secara langsung untuk menganalisis kondisi dan hasil pelatihan guru lokal Bahasa Mandarin tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa program pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan dapat memberikan hasil yang baik bagi peningkatan kemampuan bahasa Mandarin serta mampu meningkatkan teknik dan metode pengajaran para guru peserta pelatihan. Para peserta memberikan penilaian positif baik dari segi penyelenggaraan pelatihan, materi pelatihan, serta para pengajar.

Item Type: Monograph (Discussion Paper)
Uncontrolled Keywords: education; teacher; learning and teaching
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary Education
400 Language > 490 Other languages > 495 Languages of East & Southeast Asia > 495.1 Chinese language
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) > Sastra Tiongkok
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 04 Mar 2022 05:52
Last Modified: 04 Mar 2022 05:54
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1814

Actions (login required)

View Item View Item