Brownies cake panggang berbahan dasar tepung komposit gampe (ganyong tempe)

Noriko, Nita and Wijihastuti, Risa Swandari (2022) Brownies cake panggang berbahan dasar tepung komposit gampe (ganyong tempe). Project Report. Program Studi Biologi (Bioteknologi) Universitas Al-Azhar Indonesia, Jakarta. (Submitted)

[img] Text (Research Report)
ILS0012-22_Isi-Laporan.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (900kB)

Abstract

Konsumsi tepung terigu di Indonesia terus mengalami peningkatan. Salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan cara impor. Ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap tepung terigu menyebabkan rendahnya ketahanan pangan. Untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional perlu adanya sumber bahan pangan alternatif untuk menggantikan peran tepung terigu pada makanan dengan memanfaatkan produk lokal seperti ganyong dan tempe yang dapat diolah menjadi tepung komposit Gampe. Tepung ganyong mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi, sedangkan tepung tempe mengandung protein yang tinggi. Gabungan kedua bahan dasar tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan gizi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat formulasi brownies cake berbahan dasar tepung komposit Gampe, serta memperoleh informasi mengenai nilai gizi, kualitas mikrobiologi (angka lempeng total / ALT dan coliform), dan penilaian organoleptik untuk brownies cake Gampe yang dihasilkan. Brownies cake Gampe diharapkan untuk dijadikan produk pangan yang enak, disukai, dan menyehatkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: ganyong; tempe; brownies; cake; healthy food
Subjects: 600 Applied sciences & technology > 600 Technology
600 Applied sciences & technology > 660 Chemical engineering > 664 Food Technology
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Biologi
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 23 Feb 2022 16:46
Last Modified: 21 Dec 2022 07:51
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1793

Actions (login required)

View Item View Item