Ushuluddin, Achmad (2022) Pendidikan kesehatan holistik (PKH) perspektif psikologi Islam. Discussion Paper. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta. (Submitted)
Text (Research Report)
ILS0008-22_Isi-Laporan.pdf - Submitted Version Download (386kB) |
Abstract
Pendidikan holistik (holistic education) dan kesehatan holistik (holistic healthcare) adalah alternatif baru atas gagasan pendidikan dan kesehatan reduksionistik, yang memandang manusia secara parsialistik-mekanistik. Model pendidikan holistik mengombinasikan kecerdasan IQ-EQ-SQ, dan model kesehatan holistik memadukan bio-psiko-sosio-spiritual. Pendidikan dan kesehatan holistik sama-sama memandang pentingnya dimensi spiritual sebagai “pusat“ diri (ruhani). Perpaduan antara pendidikan dan kesehatan telah menjadi satu rumpun ilmu tersendiri yang disebut Pendidikan Kesehatan (medical education). Akan tetapi, upaya untuk memadukan antara pendidikan holistik dan kesehatan holistik menjadi Pendidikan Kesehatan Holistik (holistic medical education), apalagi dikaji dari perspektif psikologi Islam, tampaknya belum menjadi perhatian. Tulisan ini berupaya merintis upaya konseptualisasi Pendidikan Kesehatan Holistik (PKH), khususnya dari perspektif Psikologi Islam.
Item Type: | Monograph (Discussion Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | holistic health education; psychology; islamic counseling |
Subjects: | 100 Philosophy & psychology > 150 Psychology > 156 Comparative Psychology 100 Philosophy & psychology > 150 Psychology > 158 Applied Psychology 200 Religion > 2X0 Islam > 2X7 Philosophy (Falsafah) > 2X7.3 Islamic school and education |
Divisions: | Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Psikologi dan Pendidikan (FPP) > Bimbingan Penyuluhan Islam (Konseling) |
Depositing User: | Rifda Jilan |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 12:00 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 12:00 |
URI: | http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1788 |
Actions (login required)
View Item |