Analisis purchase intention pada e-commerce model C2C marketplace dan C2C clasified

Samiono, Bambang Eko (2017) Analisis purchase intention pada e-commerce model C2C marketplace dan C2C clasified. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ekonomi IX dan IKA-UT. pp. 140-148. ISSN 977-2541-0770-1

[img] Text (Table of Content)
ILS0122-21_Daftar-Isi.pdf - Published Version

Download (421kB)
[img] Text (Article's Content)
ILS0122-21_Isi-Artikel.pdf - Published Version

Download (364kB)
[img] Image (Cover, Preface, Conference Schedule)
ILS0122-21_Halaman-Awal.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Full Proceeding)
ILS0122-21_Prosiding.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.stimaimmi.ac.id/document/e_prosidin...

Abstract

Berbicara mengenai dunia usaha, keberadaaan e-commerce sebagai salah satu sarana penjualan tidak bisa diabaikan begitu saja. Trend online dengan segala benefitnya menempatkan praktek bisnis e-commerce menjadi pilihan yang mudah. Bagi pelaku usaha penting kiranya untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam meningkatkan purchase intentionnya sehingga mereka bisa memaksimalkan kinerja bisnisnya dalam e-commerce. Penelitian mengenai analisis purchase intention pada e-commerce ini meneliti mengenai pengaruh faktor eksternal berupa faktor psikologis konsumen (personality based, perception based serta experience) dan faktor internal dari Online store environment (web quality dan web brad) terhadap purchase intention e-commerce model C2C Marketplace dan classified melalui mediator online trust. Dalam kategori e-commerce model C2C marketplace diwakili oleh Bukalapak dan Tokopedia sementara model C2C Clasified oleh forum Jual Beli Kaskus dan OLX. Sampel adalah responden yang dalam tiga bulan terakhir pernah mengunjungi salah satu situs e-commerce yang tersebut dengan total sampling sebanyak 100 responden di wilayah Jakarta selatan. Pengolahan data digunakan dengan metode analisis jalur (path). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pada e-commerce model C2C marketplace purchase intention dipengaruhi oleh faktor psikologis konsumen (personality based) dan online store environment (web quality) sebaliknya dalam e-commerce model C2C Clasified hanya faktor online store environment (web quality) saja yang mempengaruhi purchase intention.

Item Type: Article
Additional Information: Hasil abdimas ini disampaikan dalam "Seminar Nasional IX Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka dan Ikatan Alumni - UT (IKA-UT)" bertema "Entrepreneurship at Global Crossroad: Challenges and Solutions" pada tanggal 11 November 2017 di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Pamulang - Tangerang Selatan
Uncontrolled Keywords: online store environment, faktor psikologis konsumen, online trust, purchase intention, path analysis
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications & transportation > 381 Commerce (Trade)
600 Applied sciences & technology > 650 Management & public relations > 658 General Management
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 08 Sep 2021 14:30
Last Modified: 09 Sep 2021 06:11
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1672

Actions (login required)

View Item View Item