Problematika pembelajaran Bahasa Arab secara daring studi kasus: mahasiswa program studi Bahasa dan Kebudayaan Arab Universitas Al-Azhar Indonesia

Corinna, Dwi Felita and Rembulan, Intan and Hendra, Faisal (2020) Problematika pembelajaran Bahasa Arab secara daring studi kasus: mahasiswa program studi Bahasa dan Kebudayaan Arab Universitas Al-Azhar Indonesia. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI (6). pp. 569-578. ISSN 2957-5242

[img] Text (Article's Content)
ILS0108-21_Isi-Artikel.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (Plagiarism Check)
ILS0108-21_Cek-Turnitin.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)
Official URL: http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/a...

Abstract

Sejak pandemic Covid-19 melanda Indonesia dan dinyatakan sebagai bencana nasional, pemerintah menuntut seluruh lembaga pendidikan harus melaksanakan pembelajaran secara daring (dalam jaringan) atau kita kenal dengan pembelajaran online, termasuk program studi Bahasa dan Kebudayaan Arab, Universitas Al Azhar Indonesia (UAI). Dalam pelaksanaannya, pembelajaran bahasa Arab di UAI seringkali dihadapkan dengan berbagai problematika atau masalah. Peneliti merasa problema yang muncul selama pembelajaran daring sangat menarik untuk diteliti, khususnya terkait problematika yang dihadapi oleh para mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Responden penelitian ini berasal dari mahasiswa program studi Bahasa dan Kebudayaan Arab UAI. Adapun tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja problematika yang dihadapi selama proses belajar bahasa Arab yang dilakukan secara online. Dari data yang didapatkan peneliti mengolah dan melaporkannya dalam bentuk deskriptif kualitatif. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini didapatkan data bahwa bahwa kendala yang paling sering dihadapi oleh mahasiswa adalah masalah jaringan dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan, disamping beberapa kendala lainnya. Penulis membagi kendala yang ada kedalam empat bagian, yaitu kendala dalam pembelajaran kemahiran berbicara, kemahiran mendengar, kemahiran menulis, dan kemahiran membaca. Sesuai dengan kurikulum program studi dan membahasnya dengan terperinci dari setiap pembelajaran kemahiran berbahasa yang dilaksanakan.

Item Type: Article
Additional Information: Disampaikan dalam Seminar Nasional KONASBARA (Konferensi Nasional Bahasa Arab) Vi dengan tema: “Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia”
Uncontrolled Keywords: arabic language, online class, learning problems
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher Education, Universities
400 Language > 490 Other languages > 492 Semitic Afro-Asiatic languages > 492.7 Arabic and Maltese languages
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) > Sastra Arab
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 28 Aug 2021 01:56
Last Modified: 28 Aug 2021 01:56
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1658

Actions (login required)

View Item View Item